51. Peningkatan Hasil Belajar Dengan Model Team Quiz pada Pembelajaran IPS Bagi Siswa Kelas VI SD 3 Mejobo

Authors

  • Achmad Triyanto
  • Aries Tika Damayani
  • Prawestya Tunggul Damayatanti

Keywords:

Hasil Belajar, IPS, Team Quiz

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada pembelajaran IPS dengan model Team Quiz. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) yang dilakukan selama dua siklus bersama guru kelas VI. Penelitian ini dilakukan pada kelas VI yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Tahapan pelaksanaan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada tahap pra siklus diperoleh rata-rata ketuntasan belajar hanya sebesar 27 % dengan rata-rata nilai 64, pada siklus I diperoleh rata-rata ketuntasan belajar 64 % dengan rata-rata nilainya sebesar 70 dan pada siklus II diperoleh rata-rata ketuntasan belajar 91% dengan rata-rata nilai 77. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan model Team Quiz pada pembelajaran IPS yang dimulai dari pra siklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan.

 

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Triyanto, A. ., Damayani, A. T. ., & Damayatanti, P. T. . (2023). 51. Peningkatan Hasil Belajar Dengan Model Team Quiz pada Pembelajaran IPS Bagi Siswa Kelas VI SD 3 Mejobo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 455–462. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3947

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)