56. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Kelas IV SD 3 Mejobo

Authors

  • Wulandari Universitas PGRI Semarang
  • Aries Tika Damayani Universitas PGRI Semarang
  • Churiyah SD 3 Mejobo Kudus

Keywords:

Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa, Model Problem Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Masalah penelitian yang berjudul Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Kelas IV SD 3 Mejobo adalah rendahnya rasa keingintahuanpeserta didik kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dengan diterapkannya model Problem Based Learning untuk meningkatkan karakter rasa ingin tahu siswa kelas IV SD 3 Mejobo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggrat, yang berlangsung selama 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV dengan subjek penelitian 13 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Metode pengumpulan data berupa pengamatan, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menggunakan model Problem Based Learning kelas IV SD 3 Mejobo menunjukkan peningkatan karakter rasa ingin tahu siswa dan keterampilan guru setiap siklusnya. Rata-rata hasil pengamatan karakter rasa ingin tahu siswa dari siklus I (66%) ke siklus II (76%) mengalami peningkatan sebanyak 10% dari seluruh siswa dengan kualifikasi sangat baik.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Wulandari, Damayani, A. T., & Churiyah. (2023). 56. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Kelas IV SD 3 Mejobo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 499–508. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3968

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)