Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Materi Nilai Tempat Kelas II-A Semester I SDN Pandeanlamper 01 melalui Media PLNT

Authors

  • Syahida Khurmen Nafisha Universitas PGRI Semarang
  • Aries Tika Damayani Universitas PGRI Semarang
  • Rusmiati SDN Pandeanlamper 01

Keywords:

Media Pembelajaran, Nilai Tempat, Matematika

Abstract

Penelitian ini berasal dari permasalahan yang ditemukan peneliti di kelas II-A SDN Pandeanlamper 01 Semarang pada mata pelajaran matematika materi nilai tempat bilangan 3 angka (ratusan) yang memiliki hasil belajar yang rendah. Sehingga peneliti menggunakan media pembelajaran PLNT (Papan Lampu Nilai Tempat) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada materi nilai tempat bilangan 3 angka (ratusan). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus Semester I Tahun Pelajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II-A SDN Pandenalamper o1 Semarang dengan jumlah 26. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Pada akhir siklus dilaksanakan tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam II (dua) siklus dengan masing-masing siklus memiliki 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan dari PTK ini yaitu dikatakan berhasil apabila peserta didik secara klasikal memperoleh persentase sebesar ≥ 80%. Hasil belajar pada pra siklus atau kondisi awal adalah 30% dengan nilai rata-rata 58,64. Hasil belajar pada pelaksanaan siklus I 62% dengan nilai rata-rata 77,69. Dan hasil belajar pada pelaksanaan siklus II 92% dengan nilai rata-rata 90. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media PLNT (Papan Lampu Nilai Tempat) dalam pembelajaran nilai tempat bilangan 3 angka (ratusan) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A. (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 10(2). Retrieved from https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alawlad/article/view/2579

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72. Retrieved from https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/JurnalBuanaPengabdian/article/view/581

Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/4747

Audie, N. (2019, May). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595). Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665/4066

Dewi, R. S., & Indrawati, D. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Kantong Bilangan Pada Peserta Didik Kelas I SDN Sukodono 1 Sidoarjo. Educational Journal: General and Specific Research, 3(2), 211-219. Retrieved from https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/336

Febrianti, W. (2022). Penggunaan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Nilai Tempat Dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 8262-8272. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9668

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1). Retrieved from https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/571

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media Pembelajaran. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/20720/

Maesari, C., Marta, R., & Yusnira, Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 12-20. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/531

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20-28. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/16060/9786

Nadziroh, N., Chairiyah, C., & Pratomo, W. (2018). Hak Warga Negara Dalam Memperoleh Pendidikan Dasar Di Indonesia. Trihayu, 4(3), 259091. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/259091/hak-warga-negara-dalam-memperoleh-pendidikan-dasar-di-indonesia

Nisya, K. (2019). PTK Jadikan Guru Profesional. Guepedia. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=5QUWEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=PTK+Jadikan+Guru+Profesional&ots=cPMOHXrDfb&sig=MYK5RcMlO2m98yuzChxkIs9-Vqw&redir_esc=y#v=onepage&q=PTK%20Jadikan%20Guru%20Profesional&f=false

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64-72. Retrieved from https://repository.unpak.ac.id/tukangna/repo/file/files-20200110015955.pdf

Nurulaeni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2(1), 55-64. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/pacu/article/view/241

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9498

Rahayu, S. T., Saputra, D. S., & Susilo, S. V. (2019, October). Pentingnya Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 448-454). Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/65

Saputri, R., Nurlela, N., & Patras, Y. E. (2020). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(1), 38-41. Retrieved from https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/view/2013

Savitri, R. I., Chamisijatin, L., & Andayani, A. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Kantung Biji Bilangan Pada Siswa Kelas IA Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 7(1), 60-65. Retrieved from https://eprints.umm.ac.id/97662/

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39. Retrieved from https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW/article/view/927/806

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing). Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=TApZEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=penelitian+tindakan+kelas&ots=aWpxRN8RPx&sig=ErSqGQf0PzcbjvGuTHF4FnLCYfM&redir_esc=y#v=onepage&q=penelitian%20tindakan%20kelas&f=false

Sutisna, I. (2020). Statistika Penelitian. Universitas Negeri Gorontalo, 1(1), 1-15. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/62615506/TEKNIK_ANALISIS_DATA_PENELITIAN_KUANTITATIF20200331-52854-1ovrwlw-libre.pdf?1585939192=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DTeknik_Analisis_Data_Penelitian_Kuantita.pdf&Expires=1694981239&Signature=bX-BClPBDsos84c5LJD6Mx-bt4M4C2Fl3MjezrX7EPoEQ22Akkk3cstv9mqLZ23jHEljRM8jbK8QgiBss40WdLzdK9AX5jyQETu2ND9IdSB5W8QDF7kP1YvoG90At3bI0I1fIx-H~tKWMtWDcwar1MGDzhi4IKxb~tJziDFhJ3tUw4amrqcFc4NNwqtO2ZpAmvJpObhXNUrbnVORzDsSfPwhIMd3Wc177HGY-ILKZYzIR-ZIzV4SPw2HbV3KZlgTZur0oskrhB-~Z3fs56rmsd3h7Nhows6Rb6Oo2ZlBGR1AiyVWjR8ycK3sIbL~Cn-t9mG4CbvTtF7jG2ri5ERLmQ__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA

Ummah, S. K. (2021). Media Pembelajaran Matematika (Vol. 1). UMMPress. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=HWIXEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=Ummah,+S.+K.+(2021).+Media+Pembelajaran+Matematika+(Vol.+1).+UMMPress.+&ots=R-qTHbAUra&sig=s1EttBHTgp9kVQ40s6YogEd0HVg&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nafisha, S. K. ., Damayani, A. T. ., & Rusmiati. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Materi Nilai Tempat Kelas II-A Semester I SDN Pandeanlamper 01 melalui Media PLNT. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2693–2702. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5427

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)