Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Materi Nilai Tempat Kelas II-A Semester I SDN Pandeanlamper 01 melalui Media PLNT
Keywords:
Media Pembelajaran, Nilai Tempat, MatematikaAbstract
Penelitian ini berasal dari permasalahan yang ditemukan peneliti di kelas II-A SDN Pandeanlamper 01 Semarang pada mata pelajaran matematika materi nilai tempat bilangan 3 angka (ratusan) yang memiliki hasil belajar yang rendah. Sehingga peneliti menggunakan media pembelajaran PLNT (Papan Lampu Nilai Tempat) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada materi nilai tempat bilangan 3 angka (ratusan). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus Semester I Tahun Pelajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II-A SDN Pandenalamper o1 Semarang dengan jumlah 26. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Pada akhir siklus dilaksanakan tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam II (dua) siklus dengan masing-masing siklus memiliki 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan dari PTK ini yaitu dikatakan berhasil apabila peserta didik secara klasikal memperoleh persentase sebesar ≥ 80%. Hasil belajar pada pra siklus atau kondisi awal adalah 30% dengan nilai rata-rata 58,64. Hasil belajar pada pelaksanaan siklus I 62% dengan nilai rata-rata 77,69. Dan hasil belajar pada pelaksanaan siklus II 92% dengan nilai rata-rata 90. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media PLNT (Papan Lampu Nilai Tempat) dalam pembelajaran nilai tempat bilangan 3 angka (ratusan) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
References
Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A. (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 10(2). Retrieved from https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alawlad/article/view/2579
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72. Retrieved from https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/JurnalBuanaPengabdian/article/view/581
Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/4747
Audie, N. (2019, May). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595). Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665/4066
Dewi, R. S., & Indrawati, D. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Kantong Bilangan Pada Peserta Didik Kelas I SDN Sukodono 1 Sidoarjo. Educational Journal: General and Specific Research, 3(2), 211-219. Retrieved from https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/336
Febrianti, W. (2022). Penggunaan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Nilai Tempat Dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 8262-8272. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9668
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1). Retrieved from https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/571
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media Pembelajaran. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/20720/
Maesari, C., Marta, R., & Yusnira, Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 12-20. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/531
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20-28. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/16060/9786
Nadziroh, N., Chairiyah, C., & Pratomo, W. (2018). Hak Warga Negara Dalam Memperoleh Pendidikan Dasar Di Indonesia. Trihayu, 4(3), 259091. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/259091/hak-warga-negara-dalam-memperoleh-pendidikan-dasar-di-indonesia
Nisya, K. (2019). PTK Jadikan Guru Profesional. Guepedia. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=5QUWEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=PTK+Jadikan+Guru+Profesional&ots=cPMOHXrDfb&sig=MYK5RcMlO2m98yuzChxkIs9-Vqw&redir_esc=y#v=onepage&q=PTK%20Jadikan%20Guru%20Profesional&f=false
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64-72. Retrieved from https://repository.unpak.ac.id/tukangna/repo/file/files-20200110015955.pdf
Nurulaeni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2(1), 55-64. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/pacu/article/view/241
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9498
Rahayu, S. T., Saputra, D. S., & Susilo, S. V. (2019, October). Pentingnya Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 448-454). Retrieved from https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/65
Saputri, R., Nurlela, N., & Patras, Y. E. (2020). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(1), 38-41. Retrieved from https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/view/2013
Savitri, R. I., Chamisijatin, L., & Andayani, A. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Kantung Biji Bilangan Pada Siswa Kelas IA Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 7(1), 60-65. Retrieved from https://eprints.umm.ac.id/97662/
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39. Retrieved from https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW/article/view/927/806
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing). Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=TApZEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=penelitian+tindakan+kelas&ots=aWpxRN8RPx&sig=ErSqGQf0PzcbjvGuTHF4FnLCYfM&redir_esc=y#v=onepage&q=penelitian%20tindakan%20kelas&f=false
Sutisna, I. (2020). Statistika Penelitian. Universitas Negeri Gorontalo, 1(1), 1-15. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/62615506/TEKNIK_ANALISIS_DATA_PENELITIAN_KUANTITATIF20200331-52854-1ovrwlw-libre.pdf?1585939192=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DTeknik_Analisis_Data_Penelitian_Kuantita.pdf&Expires=1694981239&Signature=bX-BClPBDsos84c5LJD6Mx-bt4M4C2Fl3MjezrX7EPoEQ22Akkk3cstv9mqLZ23jHEljRM8jbK8QgiBss40WdLzdK9AX5jyQETu2ND9IdSB5W8QDF7kP1YvoG90At3bI0I1fIx-H~tKWMtWDcwar1MGDzhi4IKxb~tJziDFhJ3tUw4amrqcFc4NNwqtO2ZpAmvJpObhXNUrbnVORzDsSfPwhIMd3Wc177HGY-ILKZYzIR-ZIzV4SPw2HbV3KZlgTZur0oskrhB-~Z3fs56rmsd3h7Nhows6Rb6Oo2ZlBGR1AiyVWjR8ycK3sIbL~Cn-t9mG4CbvTtF7jG2ri5ERLmQ__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA
Ummah, S. K. (2021). Media Pembelajaran Matematika (Vol. 1). UMMPress. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=HWIXEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=Ummah,+S.+K.+(2021).+Media+Pembelajaran+Matematika+(Vol.+1).+UMMPress.+&ots=R-qTHbAUra&sig=s1EttBHTgp9kVQ40s6YogEd0HVg&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false