142. Peningkatan Keterampilan Menulis Proposal Kegiatan Melalui Model Project Based Learning Kelas XI SMKN 6 Semarang
Keywords:
menulis, proposal kegiatan, Project Based LearningAbstract
Minat menulis peserta didik yang masih sangat rendah diera perkembangan teknologi yang sangat pesat merupakan tantangan dalam proses pembelajaran terutama pada praktik menulis proposal. Keterampilan dalam menulis proposal sesuai kaidah penulisan yang benar juga masih perlu ditingkatkan. Pada penelitian ini dilakukan tindakan kelas dengan menggunakan model Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan menulis proposal kegiatan kelas XI di SMK Negeri 6 Semarang. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan sebanyak 7,59. Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 78,27 dan nilai rata-rata kelas pada siklus II yaitu 85,86. Peningkatan ketuntasan peserta didik dalam satu kelas juga mengalami peningkatan pada siklus I terdapat 28 peserta didik yang tuntas dan pada siklus II terdapat 36 peserta didik yang tuntas berdasarkan acuan nilai ketuntasan kelas XI di SMK Negeri 6 Semarang.