PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK SMK NEGERI ]6 SEMARANG BERBANTU MEDIA YOUTUBE DALAM MEMERANKAN DRAMA
Keywords:
Drama, Keterampilan, BerbicarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara peserta didik dalam memerankan drama dengan menggunakan bantuan media sosil YouTube seagai media pembelajaran pada peserta didik kelas XI Busana 2 SMK Negeri 6 Semarang. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus, yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Dengan kompetensi perencanaan, Tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes dan observasi. Intrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Analiis data dilakukan dengan metode deskiptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya peningkatan keterampilan berbicara dengan hasil pada pra sikuls persentase ketuntassan 37%, pada siklus I 59%, dan pada siklus II 100%.
References
Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Arikunto, S. dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi
Aksara.
Retno, D.R. dkk. (2012). Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Mapel Bahasa Indonesia. Surabya: Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Press.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix ethods). Bandung: Alfabeta.
Sumadi. (2010). Penilaian Hasil Pembelajaran Kemahiran Berbahasa Indonesia dengan Pendekatan Komunikatif. Malang: Jurnal Cakrawala Pendidikan, Juni 2010, Th. XXIX, No. 2.
Tarigan, Hendri Guntur. (1985). Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.