306. Peningkatan Hasil Belajar dengan Media Wordwall Siswa XI Kuliner SMK Negeri 06 Semarang Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Eliza Lukmana
  • Agus Wismanto
  • iti Markamah

Keywords:

aplikasi wordwall, hasil belajar siswa, peningkatan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa saat menggunakan aplikasi dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa saat menggunakan aplikasi wordwall siswa kelas XI Kuliner SMK Negeri 06 Semarang pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI Kuliner 1 SMK Negeri 06 Semarang Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 36 peserta didik dengan jumlah peserta didik 3 laki-laki dan 33 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil ketuntasan belajar siswa pada tahap prasiklus yaitu 3%. Setelah dilakukan tindakan menerapkan aplikasi wordwall pada siklus I nilai siswa mengalami peningkatan dengan nilai ketuntasan hasil belajar sebanyak 69%. Peningkatan ini masih belum mencapai ketuntasan secara klasikal sehingga dilakukan siklus II. Pada siklus II nilai ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 100%. Dengan diperoleh rata-rata kelas dari prasiklus 63,39. Siklus I memperoleh rata-rata kelas 77,11, dan pada siklus II meningkat menjadi 88,52 perolehan ratarata kelas. Pada siklus II kenaikan sudah mencapai ketuntasan klasikal, sehingga silus berikutnya tidak perlu dilakukan. Bertumpu pada kenyataan tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media wordwall merupakan tindakan alternative yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Lukmana, E. ., Wismanto, A. ., & Markamah, iti . (2023). 306. Peningkatan Hasil Belajar dengan Media Wordwall Siswa XI Kuliner SMK Negeri 06 Semarang Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2735–2744. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4077

Issue

Section

Prosiding 2023