PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS KAIDAH KEBAHASAAN TEKS LHO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN BERBANTUAN MEDIA WORDWALL PADA KELAS X SMK NEGERI 2 SEMARANG

Authors

  • Fanella Imayanti Universitas PGRI Semarang
  • Agus Wismanto Universitas PGRI Semarang

Keywords:

kemampuan menganalisis, model pembelajaran problem based learning, peningkatan, wordwall

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media pembelajaran Wordwall pada kelas X SMK Negeri 2 Semarang Semester Gasal Tahun Pelajaran 2023/2024 dan mengetahui peningkatan kemampuan menganalisis kaidah kebahasaan laporan hasil observasi melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan media Wordwall pada kelas X SMK Negeri 2 Semarang Semester Gasal Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Semarang. Berdasarkan sumber data, terdapat jumlah populasi sebanyak dua belas kelas. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel sehingga diperoleh satu sampel kelas yang dipilih berdasarkan kelas yang digunakan untuk kegiatan PPL 2. Sampel penelitian yaitu kelas X AKL 1 SMK Negeri 2 Semarang. Data penelitian diambil dari hasil belajar peserta didik kelas X AKL 1 SMK Negeri 2 Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dengan mencari nilai rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah, dan persentase untuk mengetahui peningkatan kemampuan menganalisis kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi. Data kualitatif dianalisis dengan mempertimbangkan pedoman penskoran yang diterapkan pada instrumen penelitian. Nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 67,6 dengan kategori cukup baik sedangkan siklus I sebesar 86 dengan kategori baik. Siklus II kembali mengalami peningkatan menjadi 96 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan adanya peningkatan kemampuan menganalisis kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi sebesar 28,4%.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Imayanti, F. ., & Wismanto, A. . (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS KAIDAH KEBAHASAAN TEKS LHO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN BERBANTUAN MEDIA WORDWALL PADA KELAS X SMK NEGERI 2 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 65–74. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4758

Issue

Section

Prosiding 2023