200. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Mengenal Sudut Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Jam Sudut Pada Siswa Kelas III SD Negeri 01 Senenan Jepara
Keywords:
Materi Mengenal SudutAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan hasil belajar matematika pada materi pengukuran sudut dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan berbantu media Jam sudut. Jenis penelitian ini menggunakan teknik penelitian tindakan kelas. Ada 11 siswa kelas III SD Negeri 01 Senenan Jepara yang mengikuti pembelajaran. Data dikumpulkan melalui catatan lapangan, tes, dokumentasi, dan observasi. Untuk memperoleh informasi yang tepat dan menyeluruh, analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan menggunakan kalimat frase-frase untuk memperoleh keterangan rinci dan jelas. Perencanaan, pelaksanaan, Observasi, dan refleksi merupakan urutan kegiatan penelitian yang dilaksanakan. Berdasarkan temuan penelitian, siswa kelas III SD Negeri 01 Senenan akan belajar matematika lebih baik dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Jam Sudut. Hal tersebut dibuktikan adanya peningkatan rata-rata nilai pada siklus I 74, siklus II 78 dan siklus III 85. Peningkatan ketuntasan belajar dengan presentase siklus I 54,5%, siklus II 72,7%, siklus III 90,9%. Meningkatnya keaktifan siswa dari siklus I sampai siklus III. Dengan begitu pada setiap siklus mengalami peningkatan hasil belajar.