198. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas IV SDN 1 Senenan Jepara

Authors

  • Riska Safitri
  • Ikha Listyarini
  • Chandra Winnuratno Adi

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika SD, Problem Based Learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN 1 Senenan Jepara materi kubus dan balok dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian menggunakan prasiklus, siklus satu dan siklus dua, subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 1 Senenan Jepara yang berjumlah 14 peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Pada kondisi awal menunjukkan nilai rata-rata secara klasikal yang diperoleh yaitu 50. Setelah diberikan tindakan dengan model pembelajaran Problem Based Learning siklus 1 menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh 75. Pada siklus 2 rata-rata ketuntasan hasil belajar peserta didik meningkat 90. Hasil ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Safitri, R. ., Listyarini, I. ., & Adi, C. W. . (2023). 198. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas IV SDN 1 Senenan Jepara. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1772–1779. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4117

Issue

Section

Prosiding 2023