185. Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas 2 SDN 1 Senenan

Authors

  • Ika Apriliya Karuni Hafidha
  • Ikha Listyarini
  • Candra Winnuratno Adi

Keywords:

Kemampuan Bercerita, Problem Based Learning, Media Gambar Seri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bercerita peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan  Media Gambar Seri pada siswa kelas II SD Negeri 01 Senenan Jepara. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas II pada semester II tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 23 peserta didik. Metodepenelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan III Siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan  tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengampilan data melalui tes lisan peserta didik yaitu dengan menilai keterampilan bercerita peserta didik dan tek non tes melalui observasi dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pada Siklus I memperoleh rata – rata 59 dengan persentase 59%, kemudian pada siklsu II memperoleh rata – rata 69 dengan persentase 69%, sedangkan pada siklus III memperoleh hasil rata – rata 77 dengan persentase 77%. Dengan demikian penelitian menggunkan model pembelajaran  Problem Based Learning dan Media Gambar Seri dapat meningkatkan kemampuan bercerita pada siswakelas II SD Negeri 01 Senenan Jepara

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Hafidha, I. A. K. ., Listyarini, I. ., & Adi, C. W. . (2023). 185. Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas 2 SDN 1 Senenan . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1656–1663. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4104

Issue

Section

Prosiding 2023