80. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas II SD N 1 Senenan Jepara

Authors

  • Komang Tri Sutrisno Universitas PGRI Semarang
  • Ikha Listyarini Universitas PGRI Semarang
  • Chandra Winnuratno Adi Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem base learning, media video pembelajaran, hasil belajar

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran konvensional dalam pelajaran bahasa Indonesia di kelas 2 SDN 1 Senenan Jepara belum efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah, sehingga diperlukan pendekatan baru seperti model Problem Based Learning (PBL) berbantu video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pelajaran bahasa Indonesia menggunakan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) berbantu video pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di kelas 2 SDN 1 Senenan Jepara dengan jumlah peserta didik 23 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik analisis data penelitian menggunkan deskriftif kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode hasil tes dari nilai dalam tiga siklus pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media video dapat meningkatkan hasil belajar pelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas 2 di SD Negeri 1 Senenan Jepara semester 2 tahun pelajaran 2022/2023, dilihat dari adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada batas KKM yaitu 70. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai hasil belajar pelajaran bahasa Indonesia peserta didik setelah diberikan tindakan pada tiap siklus. Keberhasilan untuk meningkatkan hasil belajar pelajaran bahasa Indonesia peserta didik dapat dilihat dari sebelum dilakukan tindakan yaitu pada siklus 1 hanya 13 peserta didik atau 43% yang tuntas, pada siklus 2 meningkat menjadi 20 peserta didik atau 81% yang tuntas belajar pelajaran bahasa Indonesia dan pada siklus 3 meningkat lagi menjadi 23 peserta didik yang tuntas belajar pelajaran bahasa Indonesia atau 100%.

Kata kunci: Problem base learning, media video pembelajaran, hasil belajar.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Sutrisno, K. T., Listyarini, I., & Adi, C. W. (2023). 80. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas II SD N 1 Senenan Jepara. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 722–730. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4019

Issue

Section

Prosiding 2023