212. Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Visual untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas III SD

Authors

  • Desi Nurmalasari Universitas PGRI Semarang
  • Chandra Winnuratno Adi Sekolah Dasar Negeri 1 Senenan Jepara
  • Ikha Listyarini Universitas PGRI Semarang

Keywords:

PBL, Media visual, Berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan berpikir kritis peserta didik menggunakan model problem based learning berbantu media visual pada kelas 3 SDN 1 Senenan Jepara. Menggunakan penelitian jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pengumpulan data observasi dari teman sejawat dan evaluasi tes uraian. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 3 SDN 1 Senenan Jepara sejumlah 11 peserta didik 6 putra dan 5 putri. Peneliti menganalisis data dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan dari observasi teman sejawat kemampuan berpikir kritis dari 6 indikator yang dirata-rata adanya peningkatan dari pra siklus 31,65%, siklus satu 51,65% dan siklus dua 74%. Kemudian untuk lebih memperkuat data peneliti melakukan evaluasi dalam bentuk tes uraian dengan hasil dari 11 peserta didik saat mengerjakan evaluasi tes uraian tidak ada yang mengalami penurunan melainkan mengalami peningkatan dari siklus 1 menuju siklus 2. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model problem based leraning (PBL) berbantu media visual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi perkembangan teknologi transportasi kelas 3 Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Nurmalasari, D., Adi, C. W., & Listyarini, I. (2023). 212. Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Visual untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas III SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1898–1906. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4241

Issue

Section

Prosiding 2023