201. Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Video Pembelajaran Kelas IV SD N 1 Senenan Jepara

Authors

  • Ismail
  • Ikha Listyarini
  • Chandra Winnuratno Adi

Keywords:

Problem Base Learning, media video pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPAS menggunakan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) berbantu video pembelajaran untuk mempermudah peserta didik dalam memecahkan masalah yang telah diberikan oleh guru. ditinjau dari perbandingan rata-rata hasil belajar. Penelitian dilaksanakan di kelas 4 SDN 1 Senenan Jepara dengan jumlah peserta didik 14 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik analisis data penelitian menggunkan deskriftif kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode hasil tes dari nilai dalam tiga siklus pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media video dapat meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik kelas 4 di SD Negeri 1 Senenan Jepara semester 2 tahun pelajaran 2022/2023, dilihat dari adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada batas KKM yaitu 70. Hal ini  dapat dibuktikan dengan perolehan nilai hasil belajar IPAS peserta didik setelah diberikan tindakan pada tiap siklus.  Keberhasilan untuk meningkatkan hasil  belajar IPAS peserta didik  dapat dilihat dari sebelum dilakukan tindakan yaitu pada siklus 3 hanya 6 peserta didik atau 43% yang tuntas, pada siklus 4 meningkat menjadi 10 peserta didik atau 71% yang tuntas belajar IPAS dan pada siklus 5 meningkat lagi menjadi  14 peserta didik yang  tuntas belajar IPAS atau  100%.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Ismail, Listyarini, I. ., & Adi, C. W. . (2023). 201. Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Video Pembelajaran Kelas IV SD N 1 Senenan Jepara. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1798–1807. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4123

Issue

Section

Prosiding 2023