PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MENGGUNAKAN MEDIA VIDIO STAND UP PADA PESERTA DIDIK KELAS X-12 SMAN 11 SEMARANG
Keywords:
media vidio, teks anekdot, siswaAbstract
Pembelajaran menulis teks anekdot merupakan salah satu materi ajar yang terdapat di tingkat SMA. Untuk meningkatan ketrampilan menulis teks anekdot dalam pembelajaran diperlukan media yang sesuai kebutuhan peserta didik. Laporan ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media vidio Stand Up dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot pada peserta didik. Media vidio dapat digunakan peserta didik untuk membantu meningkatkan proses pembelajaran yang lebih bervariatif. Metode yang digunakan pada penelitian in yaitu metode kualitatif. Metode tersebut sesuai dengan objek penelitian yang dapat diuraikan secara deskriptif. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X-12 di SMAN 11 Semarang. Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian tindakan kelas terfokus tentang peningkatan kemampuan menulis teks anekdot siswa pada pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan baik dari segi proses pembelajaran menulis anekdot maupun kualitas hasil keterampilan siswa (kemampuan siswa untuk mengungkapkan ide, kosa kata, penggunaan EYD, dan evaluasi).