PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MENGGUNAKAN MEDIA VIDIO STAND UP PADA PESERTA DIDIK KELAS X-12 SMAN 11 SEMARANG

Authors

  • Muryana Ovika Universitas PGRI Semarang

Keywords:

media vidio, teks anekdot, siswa

Abstract

Pembelajaran menulis teks anekdot merupakan salah satu materi ajar yang terdapat di tingkat SMA. Untuk meningkatan ketrampilan menulis teks anekdot dalam pembelajaran diperlukan media yang sesuai kebutuhan peserta didik. Laporan  ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media vidio Stand Up dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot pada peserta didik. Media vidio dapat digunakan peserta didik untuk membantu meningkatkan proses pembelajaran yang lebih bervariatif. Metode yang digunakan pada penelitian in yaitu metode kualitatif. Metode tersebut sesuai dengan objek penelitian yang dapat diuraikan secara deskriptif. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X-12 di SMAN 11 Semarang. Penelitian ini adalah  Penelitian tindakan  kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian tindakan kelas terfokus tentang peningkatan kemampuan menulis teks anekdot siswa pada pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan baik dari segi proses pembelajaran menulis anekdot maupun  kualitas hasil keterampilan siswa (kemampuan siswa untuk mengungkapkan ide, kosa kata, penggunaan EYD, dan evaluasi).

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ovika, M. . (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MENGGUNAKAN MEDIA VIDIO STAND UP PADA PESERTA DIDIK KELAS X-12 SMAN 11 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 147–156. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4784

Issue

Section

Prosiding 2023