Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Materi Struktur Teks Anekdot dengan Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD

Authors

  • Nur Lailatul Isnaeni Universitas PGRI Semarang

Keywords:

hasil belajar, struktur teks anekdot, problem based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model problem based learning berbantuan LKPD. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X KPBS 2 SMK Negeri 7 Semarang tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 36 yang terdiri atas 19 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu, prasiklus, siklus 1, dan siklus 2, di mana setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 75% siswa dapat mencapai nilai 76. Hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan LKPD mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan nilai siswa dalam menganalisis struktur teks anekdot pada setiap akhir siklus. Pada tahap prasiklus, capaian hasil belajar siswa adalah 41,67% mencapai KKM. Setelah dilakukan kegiatan pembelajaran dengan model problem based learning berbantuan LKPD, hasil belajar siswa di akhir siklus 1 adalah 61,11% dan pada siklus 2 mengalami kenaikan menjadi 83,33%. Pada penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan LKPD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menganalisis struktur teks anekdot.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Isnaeni, N. L. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Materi Struktur Teks Anekdot dengan Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 175–181. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4786

Issue

Section

Prosiding 2023