Peningkatan Minat Baca Siswa Berbantu Media Flipbook Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas III SDN Rejosari 01
Keywords:
Minat baca, membaca, flipbookAbstract
Minat baca siswa kelas III SDN Rejosari 01 Kota Semarang masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya belum adanya pembiasaan membaca siswa atau gerakan literasi sekolah. Media pmbelajaran yang digunakan oleh guru juga dapat memanfaatkan kemajuan teknologi. Buku yang dimaksud yaitu penggunaan flipbook yang dapat digunakan untuk menarik minat baca peserta didik. Flipbook yaitu media dengan format elektronik yang dapat menampilkan simulasi interaktif dengan mengkombinasikan animasi, teks, video, gambar, audio dan navigasi yang membuat siswa lebih interaktif sehingga pembelajaran lebih menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan minat baca siswa kelas III SDN Rejosari 01 Kota Semarang dengan menggunakan media Flipbook cerita rakyat. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari satu siklus dua pertemuan, yaitu (1) pertemuan I mata pelajaran Bahasa Indonesia, pembelajaran membaca menggunakan media Flipbook cerita rakyat, dan pembelajaran dilaksanakan secara klasikal. (2) pertemuan II mata pelajaran Bahasa Indonesia, pembelajaran membaca menggunakan media Flipbook cerita rakyat dengan pembelajaran dilaksanakan dengan pengorganisasian siswa dalam kelompok. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Rejosari 01 Kota Semarang dengan jumlah siswa 27 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Flipbook cerita rakyat terbukti dapat meningkatkan minat membaca siswa kelas III SDN Rejosari 01 Kota Semarang. Terbukti nilai siswa meningkat dari nilai rata-rata 64,78 menjadi 76,48 yakni meningkat 11,7%. Sesuai dengan kriteria yang ditentukan maka peningkatan ini tergolong baik.
References
Abidin, Yunus, dkk. 2018. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Aini, D. N. 2018. Pengaruh Budaya Literasi dalam Mengembangkan Kecerdasan Kewarganegaraan. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu, 4(1). http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/195
Aprilutfi, D. N. (2022). Flipbook tematik: Alternatif media pembelajaran PKN berbasis fliphtml5 di SD. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 380-385. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i4.111
Arsyad, A. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Astuti, N.H., Reffiane, F., & Baedowi, S. (2019). Pengembangan Media Big Book pada Tema Kewajiban dan Hakku. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3 (2), 105-111.
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Bandung: Raja Grafika Persada.
Damiyati Zuchri dan Budi Asih 2001 Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas rendah Yogyakarta.
Durrotun, Nafisah Henry Januar Saputra, dan Mei Fita Asri Untari. 2018 Pengembangan Media Black Box Pada Model Pembelajaraan CTL Mata Pelajaraan Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah (JS). Vol 2 (4). Semarang: Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Handayani, G., Adisyahputra & Indrayanti, R. 2018. Hubungan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi dan Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Literasi Sains Pada Mahasiswa Calon Guru Biologi. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi. 11(1): 21-31.
Hanggi, Olovia Herlina. 2016. “Tiga Perubahan Kecil dalam Literasi Sekolah.” Membumikan Gerakan Literasi di Sekolah. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.
Hendrianti, S. D., Hidayat, S., & Suherman, S. (2021). Pengembangan Media E-Booklet Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker pada Materi Identifikasi Karir Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 178-184. https://doi.org/10.33394/jtp.v6i2.4089
Hidayah, Ashar. 2017. Pengembangan Model TIL Tipe the Big 6 Dalam Proses Pembelajaran Sebagai Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah. Pena. 4 (1).
Imanugroho, S., & Ganggi, R. I. P. (2018). Program Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik Sdn Kuripan Lor 01 Kota Pekalongan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(2), 71–80.
Listyarini, Ikha Henry Januar Sapura, dan Moh. Aniq Khairul Bahsyar. 2018 “Pengembangan Media Digital Book Berbasis Flipbook Maker Materi IPA Kelas V Di Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian (JP). Semarang: Prodi PGSD Fakultas llmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Monica, M., Halidjah, S., & Pranata, R. (2022). Pengembangan Buku Digital Cerita Bergambar Berbentuk Flipbook Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 195-206.
Opidianto, Myo. Fine Reffiane, Choirul Huda, Ismartiningsih. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran “Buria” Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education, 6(2), 2654-6434
Praditya, Made dkk. 2017. “Pengembangan Buku Cerita Elektronik dengan Metode Story Telling pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 di SD Negeri 4 Banyuning”. Dalam Jurnal EDUTECH Volume 5 (2) (152-159). Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.
Perkasha, Garda. 2020. Analisis Penerapan Gerakan Membaca Bersama di SDN Wonolopo 02 Semarang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 4 (1) pp. 75-80
Rizka, Dewi., dkk. 2023. Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Landungsari. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan. Vol.8 (1)
Rokmana, dkk. 2023. Peran Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Sekolah Dasar. Journal of Student Research. Vol.1 (1) pp.129-140
Salma, A., & Mudzanatun. 2019. Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. 7(2), 6.
Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819-2826. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012
Satori, Dr. Djam’an Satori dan Komariah, Aan. 2017. Metodologi Penelitian Kulitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yusuf, N., Setyawan, H., Immawati, S., Santoso, G., & Usman, M. (2022). gembangan Media Flipbook Berbasis Fabel untuk Meningkatkan Pemahaman Pesan Moral pada Peserta Didik Kelas Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8314-8330. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3735