Penerapan Pembelajaran Reflektif Berbasis Media Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teks Editorial

Authors

  • Muhammad Zaenuri Universitas PGRI Semarang

Keywords:

materi teks editorial, model pembelajaran, pembelajaran reflektif

Abstract

Kesulitan ketercapaian kompetensi pada materi belajar disebabkan rendahnya minat dan latihan siswa dalam pembelajaran pada materi. Salah satu target kompetensi dasar pada siswa kelas XII SMA adalah pada materi teks editorial. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada kelas XII IPS 4 SMAN 8 Semarang, dapat diketahui bahwa minat dan kemampuan pada materi teks editorial siswa tergolong masih rendah. Penerapan model pembelajaran reflektif berbasis media digital ditujukan agar siswa menjadi lebih tertarik dan mampu mencapai kompetensi pada materi yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran reflektif berbasis media digital untuk meningkatkan kemampuan pada materi teks editorial siswa. Penilitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui metode penelitian tindakan kelas yang dikembangkan pada pra-siklus, siklus I, dan siklus II dengan melibatkan 36 siswa kelas XII IPS 4 SMA Negeri 8 Semarang. Hasil penilitian ini menunjukkan respons siswa yang positif dengan persentese sebesar 75,60% berkategori ‘sangat baik’. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan persentase ketuntasan menjadi sebesar 75% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa dan hasil ini menunjukkan peningkatan sebesar 28%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa penggunaan model pembelajaran reflektif berbasis media digital untuk meningkatkan pembelajaran pada materi teks editorial pada siswa telah memenuhi keberhasilan.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Zaenuri, M. . (2023). Penerapan Pembelajaran Reflektif Berbasis Media Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teks Editorial. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 139–146. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4778

Issue

Section

Prosiding 2023