Penggunaan Media Infografis Digital Berbasis Aplikasi Canva sebagai Peningkat Hasil Belajar dalam Pembelajaran Teks Biografi Siswa Kelas X DPIB 1 SMK Negeri 4 Semarang

Authors

  • Yusril Izha Mahendra Yusril Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Teks biografi, Media infografis, aplikasi canva

Abstract

Latar belakang penelitian ini ditemukan hasil belajar bahasa Indonesia cenderung masih rendah di kelas X DPIB 1 SMKN 4 Semarang. Berdasarkan refleksi peneliti bersama kolaborator menunjukkan bahwa guru belum menggunakan media infografis digital berbasis aplikasi canva dalam pembelajaran teks biografi. Pemahaman materi teks biografi yang masih rendah mengakibatkan siswa kurang mampu menjawa pertanyaan dan siswa kesulitan menggali informasi terkait bacaan. Data pendukung adalah hasil belajar siswa yaitu hanya 14 siswa dari 36 siswa yang dapat mencapai KKM 70. Rumusan masalah penelitian adalah apakah penerapakan media infografis digital berbasis aplikasi canva sebagai peningkat hasil belajar dalam pembelajaran teks biografi. Pemahaman materi teks biografi dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia kelas X DPIB 1 SMKN 4 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah utuk mengetahui hasil belajar bahasa Indonesia melalui media infografis digital berbasis aplikasi canva sebagai peningkat hasil belajar dalam pembelajaran teks biografi pada siswa kelas X DPIB 1 SMKN 4 Semarang tahun pelajaran 2023/2024.

Jenis penelitian ini adalah Pendidikan Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan 36 siswa kelas X DPIB 1 SMKN 4 Semarang. Jenis data terdiri dari data kualitatif dan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif.

Simpulan dari penelitian ini adalah media infografis digital berbasis aplikasi canva dalam pembelajaran teks biografi kelas X DPIB 1 SMKN 4 Semarang, meningkatnya aktivitas belajar siswa dan meningkatnya keterampilan guru dalam pengelolaan    pembelajaran.

References

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164.

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48.

Listya, A. (2018). Konsep dan Pengunaan Warna dalam Infografis. Jurnal Desain, 6(01), 10.

Resnatika, A., Sukaesih, S., & Kurniasih, N. (2018). Peran infografis sebagai media promosi dalam pemanfaatan perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 6(2), 183–196.

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281.

Sari, S. D., Utami, A. S., & Sunaryo, H. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Melaui Model Think Talk Write Pada Peserta Didik Kelas X IPA 2 SMA N 09 Malang. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 65.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Yusril, Y. I. M. (2024). Penggunaan Media Infografis Digital Berbasis Aplikasi Canva sebagai Peningkat Hasil Belajar dalam Pembelajaran Teks Biografi Siswa Kelas X DPIB 1 SMK Negeri 4 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 249–256. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6117

Issue

Section

Bahasa Indonesia