The Implementation of Scavenger Hunt Game to Improve Students Reading Comprehension Skill of Descriptive Text

Authors

  • Puput Nurwati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Scavenger Hunt Game, Reading Comprehension, Descriptive Text

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengajaran pemahaman membaca teks deskriptif melalui permainan Scavenger Hunt efektif untuk siswa kelas sepuluh TKP 1 di SMKN 7 Semarang pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 36 siswa. Peneliti melaksanakan penelitian dalam dua siklus dengan empat langkah dalam setiap siklusnya. Data yang digunakan adalah nilai pre-test dan post-test siswa untuk mengetahui apakah ada peningkatan pada siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Selanjutnya, peneliti menggunakan lembar observasi untuk mendapatkan data keaktifan siswa selama proses mengajar. Hasil dari penelitian ini adalah setelah mencoba dua siklus tersebut, peneliti menemukan bahwa nilai siswa dari pre-test dan post-test meningkat. Terbukti rata-rata nilai siswa pada pre-test adalah 61 kemudian nilai meningkat pada Post-test I dengan nilai rata-rata 71, dan terakhir pada post-test II nilai meningkat menjadi 85. Begitu pula pada lembar observasi, bahwa aktivitas siswa meningkat. Pada siklus I siswa yang tergolong tidak aktif mengalami penurunan dari 28% menjadi 0%, terjadi pula penurunan siswa kurang aktif dari 53% menjadi 19%. Namun terjadi peningkatan pada siswa yang aktif dari 19% menjadi 44%, begitu pula pada siswa yang sangat aktif terjadi peningkatan dari 0% menjadi 36%.

References

Amalia, N. (2013). Teaching Vocabulary by Using Jokes at the Tenth Year Students of SMA Negeri 4 Palopo. repository.iainpalopo.

Caidwell, J. (2008). Comprehension Assessment A Classroom Guide. New York: The Guildford Press.

Cain, K. (2017). Theories of Reading Development. New York: John Benjamins B.V.

Collins, A. &. (2007). Teaching the Process of Reading Comprehension.

Dwina. (2020). An Undergraduate Thesis The Implementation of Scavenger Hunt Strategy to Improve Reading Comprehension Among the Eighth Grades at MTs Ma;arif Punggur in the Academic Year of 2019/2020. repository.metrouniv.

Elleman, A. (2019). Reading Comprehension Research: Implications for Practice and Policy. Sage Journals.

Hauschild, e. (2012). Going Green: Merging Environmental Education and Languange Instruction. English Teaching Forum Journal.

Kendeou, P. (2016). Reading comprehension: Core Components and Processes. Sage Journals.

Mike, A. (2020). The Effect of Scavenger Hunt Game on Students' Reading Comprehension of Descriptive Text. Linguistic, English Education and Art (LEEA) Journal.

Oakhill, J. (2015). Understanding and Teaching Reading Comprehension: A Handbook. New York: Routledge.

Oktarind, A. (2022). The Implementation of Scavenger hunt Game in Teaching Reading Comprehension of Descriptive Text. ebony.

Pho, A. (2015). Game-Based Learning. Spring.

Pirker, J. (2017). Myth Hunter: Gamification in an Educational Location-Based Scavenger Hunt. Immersive Learning Research Network.

Wooley, G. (2022). Reading Comprehension Assisting Children with Learning Difficulties. New York: Springer Science & Business Media.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nurwati, P. . (2023). The Implementation of Scavenger Hunt Game to Improve Students Reading Comprehension Skill of Descriptive Text. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 568–576. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5153

Issue

Section

Prosiding 2023