100. The Implementation of CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Method to Improve Students’ Writing Skills in Explanation Text
Keywords:
Keterampilan menulis, CIRC, Explanation TextAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan keterampilan menulis pada materi Explanation Text pada siswa SMA Negeri Semarang tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 36 siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Semarang. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 8 yang berjumlah 36 orang. Kegiatan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes dan observasi. Setelah data terkumpul, analisis data dilakukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam menulis pada materi Explanation Text meningkat. Hal ini dapat terlihat dari analisis data pada setiap siklusnya. Hasil pretest menunjukkan bahwa ada sejumlah 16 siswa atau 44% siswa yang nilainya belum tuntas. Pada siklus I terjadi peningkatan yaitu ada 26 dari 36 siswa yang sudah tuntas atau sekitar 72%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dari siklus I yaitu sejumlah 31 siswa atau sekitar 86% yang sudah tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa terjadi peningkatan dari setiap siklusnya. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut maka penulis mengambil kesimpulan bahwa penerapan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas XI MIPA 8 di SMA Negeri 2 Semarang.