118. Improving 10th Grade Students’ Writing Skills through Problem Based Learning and Wepik in SMK 4 Semarang
Keywords:
Problem Based Learning, Wepik, Kemampuan Menulis, Descriptive TextAbstract
ABSTRAK
Model pembelajaran yang beraneka ragam dan media pembelajaran baru yang berbasis teknologi memiliki peran penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran, terdapat aspek pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan kemampuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan Problem Based Learning dan penggunaan media Wepik untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menulis siswa tentang descriptive text pada siswa kelas X DKV 2 SMK Negeri 4 Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang diterapkan yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas yang terbagi dalam tiga kegiatan yaitu kegiatan Pra-Siklus, Siklus I, dan Siklus II. Dalam kegiatan penelitian, guru mengevaluasi hasil belajar siswa berdasarkan pada tes pengetahuan tentang descriptive text, keterampilan menulis descriptive text dengan menggunakan media Wepik, dan memberikan kegiatan refleksi kegiatan pembelajaran dalam bentuk kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dan media Wepik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan dan keterampilan menulis descriptive text. Nilai rata-rata pengetahuan siswa yang awalnya 60,69 (Pra-Siklus) meningkat menjadi 73,14 (Siklus I), dan terus meningkat hingga 82,40 (Siklus II). Selain itu, peningkatan pada nilai rata-rata keterampilan menulis juga terjadi yang awalnya 68,09 (Pra-Siklus) menjadi 78,91 (Siklus I), dan meningkat sampai 84,89 (Siklus II). Selain itu, motivasi dan respon positif dalam refleksi kegiatan pembelajaran juga mempengaruhi semangat belajar siswa. Dengan demikian, penerapan model PBL dan media Wepik dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan menulis, dan motivasi belajar siswa.