Animated Videos as a Media in Narrative Text Teaching to Improve Students' Reading Comprehension

Authors

  • Pradipta Adhyatmika Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Reading Comprehension, Video Animation, Narrative Teks

Abstract

Membaca adalah salah satu dari empat skill dasar dalam berbahasa. Dalam pembelajaran materi
naratif teks, peserta didik dituntut untuk membaca sebuah teks cerita dan harus memahami isi dari
cerita tersebut baik yang tersirat maupun yang tersurat. Rendahnya minat membaca siswa
menimbulkan masalah dalam pembelajaran naratif teks. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini
berupa untuk mendorong kemampuan membaca dan memahami bacaan pada teks naratif. Salah satu
upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan memahami bacaan
pembelajaran Bahasa Inggris adalah dengan penerapan penggunaan media berupa video animasi.
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah Siswa
Kelas XI 6 SMA Negeri 10 Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Pengumpulan datanya meliputi tes
lisan dan tulis terhadap hasil kegiatan pembelajaran siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris yaitu
menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan teks bacaan yang diberikan. Teknik analisis yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: Berdasarkan analisis data
pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi
sebagai media pembelajaran dalam materi naratif teks mampu meningkatkan kemampuan membaca
dan memahami bacaan siswa kelas XI 6 SMA Negeri 10 Semarang tahun ajaran 2023/2024. Hal ini
dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa selama pelaksanaan prasiklus, siklus I,
dan siklus II. Hasil belajar siswa pada pra siklus mencapai 25%, lalu meningkat menjadi 62,5% di
siklus I, dan mencapai tingkat tertinggi sebesar 90,6% di siklus II. Oleh karena itu, dapat disimpulkan
bahwa penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran efektif dalam meningkatkan
kemampuan membaca dan memahami bacaan pada materi naratif

References

Alex dan Ahmad. (2010). Buku Ajar Bahasa

Indonesia. FTIK Press.

Alex, A., & Achmad, H. (2010). Bahasa

Indonesia untuk Perguruan Tinggi.

Kencana Prenada Media Group.

Badiah, L. I. (2020). Studi Deskriptif

Implementasi Kurikulum 2013 untuk

Anak Tunarungu Tingkat Sekolah

Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan

dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).

Badiah, L. I., Jauhari, M. N., & Mambela, S.

(2020). Penerapan Pelatihan Terapi

Auditory Verbal Therapy (AVT) untuk

Mengembangkan Kemampuan Bahasa

Anak Tunarungu. Jurnal

ORTOPEDAGOGIA, 6(1), 39–42.

Denning, D. (Tidak ada tanggal). Video in

Theory and Practice: Issues for

Classroom Use and Teacher Video

Evaluation. Tersedia:

http://www.ebiomedia.com/downloa

ds/VidPM.pdf

Fitria, W. (2019). Reading Interest and

Reading Comprehension: A

Correlational Study. Journal

Educative: Journal of Educational

Studies, 4(1), 95–107.

https://doi.org/10.30983/educative.v

i1.1333

Knapp, P., & Watkins. (2005). Genre, Text,

Grammar: Technologies for Teaching

and Assessing Writing. University of

New South Wales Press.

Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017).

Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam

Pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1-

Lowther, D. L., Russell, J. D., & Smaldino,

S. E. (2011). Instructional Technology

& Media for Learning Teknologi

Pembelajaran dan Media untuk Belajar

(Terjemahan. Edisi Kesembilan).

Kencana Prenada Media Group.

Mahsun (2014). Teks dalam Pembelajaran

Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. PT

RajaGrafindo Persada.

Nurizmawati, C. (2015). The Use of

Animation Video as A Media in

Teaching Narrative Text: Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran

Khatulistiwa, Vol. 4, 1-13.

Paul R. (2013). Methods for Effective

Teaching. Pearson.

Rivers, W. M. (1981). Teaching ForeignLanguage Skills. The University of

Chicago Press.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell,

J. (2011). Instructional Technology

and Media for Learning: Teknologi

Pembelajaran dan Media untuk Belajar

(Alih Bahasa oleh Arif Rahman).

Kencana.

Spear-Swerling, L. (2016). Common Types

of Reading Problems and How to Help

Children Who Have Them. Reading

Teacher, 69(5), 513–522.

Tarchi, C. (2017). Comprehending and

Recalling from Text: The Role of

Motivational and Cognitive Factors.

Issues in Educational Research, 27(3),

–619.

https://search.informit.org/doi/abs/1

3316/ielapa.009067015038206

Tarchi, C. (2017). Comprehending

Expository Texts: The Role of

Cognitive and Motivational Factors.

Reading Psychology, 38(2), 154–181.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca: Sebagai

Suatu Keterampilan Berbahasa.

Angkasa.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai

Suatu Keterampilan Berbahasa.

Angkasa.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Adhyatmika, P. . (2023). Animated Videos as a Media in Narrative Text Teaching to Improve Students’ Reading Comprehension. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 734–743. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5176

Issue

Section

Prosiding 2023