Animated Videos as a Media in Narrative Text Teaching to Improve Students' Reading Comprehension
Keywords:
Reading Comprehension, Video Animation, Narrative TeksAbstract
Membaca adalah salah satu dari empat skill dasar dalam berbahasa. Dalam pembelajaran materi
naratif teks, peserta didik dituntut untuk membaca sebuah teks cerita dan harus memahami isi dari
cerita tersebut baik yang tersirat maupun yang tersurat. Rendahnya minat membaca siswa
menimbulkan masalah dalam pembelajaran naratif teks. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini
berupa untuk mendorong kemampuan membaca dan memahami bacaan pada teks naratif. Salah satu
upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan memahami bacaan
pembelajaran Bahasa Inggris adalah dengan penerapan penggunaan media berupa video animasi.
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah Siswa
Kelas XI 6 SMA Negeri 10 Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Pengumpulan datanya meliputi tes
lisan dan tulis terhadap hasil kegiatan pembelajaran siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris yaitu
menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan teks bacaan yang diberikan. Teknik analisis yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: Berdasarkan analisis data
pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi
sebagai media pembelajaran dalam materi naratif teks mampu meningkatkan kemampuan membaca
dan memahami bacaan siswa kelas XI 6 SMA Negeri 10 Semarang tahun ajaran 2023/2024. Hal ini
dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa selama pelaksanaan prasiklus, siklus I,
dan siklus II. Hasil belajar siswa pada pra siklus mencapai 25%, lalu meningkat menjadi 62,5% di
siklus I, dan mencapai tingkat tertinggi sebesar 90,6% di siklus II. Oleh karena itu, dapat disimpulkan
bahwa penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran efektif dalam meningkatkan
kemampuan membaca dan memahami bacaan pada materi naratif
References
Alex dan Ahmad. (2010). Buku Ajar Bahasa
Indonesia. FTIK Press.
Alex, A., & Achmad, H. (2010). Bahasa
Indonesia untuk Perguruan Tinggi.
Kencana Prenada Media Group.
Badiah, L. I. (2020). Studi Deskriptif
Implementasi Kurikulum 2013 untuk
Anak Tunarungu Tingkat Sekolah
Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan
dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).
Badiah, L. I., Jauhari, M. N., & Mambela, S.
(2020). Penerapan Pelatihan Terapi
Auditory Verbal Therapy (AVT) untuk
Mengembangkan Kemampuan Bahasa
Anak Tunarungu. Jurnal
ORTOPEDAGOGIA, 6(1), 39–42.
Denning, D. (Tidak ada tanggal). Video in
Theory and Practice: Issues for
Classroom Use and Teacher Video
Evaluation. Tersedia:
http://www.ebiomedia.com/downloa
ds/VidPM.pdf
Fitria, W. (2019). Reading Interest and
Reading Comprehension: A
Correlational Study. Journal
Educative: Journal of Educational
Studies, 4(1), 95–107.
https://doi.org/10.30983/educative.v
i1.1333
Knapp, P., & Watkins. (2005). Genre, Text,
Grammar: Technologies for Teaching
and Assessing Writing. University of
New South Wales Press.
Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017).
Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam
Pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1-
Lowther, D. L., Russell, J. D., & Smaldino,
S. E. (2011). Instructional Technology
& Media for Learning Teknologi
Pembelajaran dan Media untuk Belajar
(Terjemahan. Edisi Kesembilan).
Kencana Prenada Media Group.
Mahsun (2014). Teks dalam Pembelajaran
Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. PT
RajaGrafindo Persada.
Nurizmawati, C. (2015). The Use of
Animation Video as A Media in
Teaching Narrative Text: Jurnal
Pendidikan dan Pembelajaran
Khatulistiwa, Vol. 4, 1-13.
Paul R. (2013). Methods for Effective
Teaching. Pearson.
Rivers, W. M. (1981). Teaching ForeignLanguage Skills. The University of
Chicago Press.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell,
J. (2011). Instructional Technology
and Media for Learning: Teknologi
Pembelajaran dan Media untuk Belajar
(Alih Bahasa oleh Arif Rahman).
Kencana.
Spear-Swerling, L. (2016). Common Types
of Reading Problems and How to Help
Children Who Have Them. Reading
Teacher, 69(5), 513–522.
Tarchi, C. (2017). Comprehending and
Recalling from Text: The Role of
Motivational and Cognitive Factors.
Issues in Educational Research, 27(3),
–619.
https://search.informit.org/doi/abs/1
3316/ielapa.009067015038206
Tarchi, C. (2017). Comprehending
Expository Texts: The Role of
Cognitive and Motivational Factors.
Reading Psychology, 38(2), 154–181.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca: Sebagai
Suatu Keterampilan Berbahasa.
Angkasa.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai
Suatu Keterampilan Berbahasa.
Angkasa.