Improving Students' Speaking Skill through The Use of Describe and Draw Technique
Keywords:
speaking skill, describe and draw, social media, PjBLAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Keterampilan Berbicara menggunakan
Describe and Draw pada Media Sosial untuk Siswa Kelas X DPIB 2 SMK 4 Semarang. Penelitian
melakukan di Kelas X DPIB 2 SMK 4 Semarang dengan jumlah 36 siswa. Menggunakan Jenis penelitian
tindakan kelas (PTK) secara kolaboratif. Menggunkakan teknik Describe and Draw dengan model
pembelajaran Project-based Learning. Penelitian tindakan kelas terdiri dari pra siklus, siklus I, dan
siklus II. Pada Tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan dari
proyek video yang dibuat siswa, sebanyak 28%, dinyatakan tuntas KKM pada pembelajaran pra siklus,
kemudian pada siklus I ketuntasan meningkat menjadi pada siklus I dengan jumlah ketercapaian 55%,
kemudian pada siklus II meningkat menjadi 78%, dengan kategori sangat baik dan memenuhi kriteria
ketuntasan. Capaian rata-rata hasil belajar peserta didik pada pra siklus mencapai 59 pada siklus I
meningkat menjadi 69, pada siklus II meningkat menjadi 83. Dapat disimpulkan bahwa Describe and
Draw meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam materi describing place untuk siswa kelas X
DPIB 2 SMK N 4 Semarang.
References
Abd El Fattah Torky, S. (2006). The
Effectiveness of a Task- Based
Instruction Program in Developing
the English Language Speaking Skills
of Secondary Stage Students. Ph.D.
Dissertation. Curricula and Methods
of Teaching Department, Women’s
College, Ain Shams University
Anggraeni, A., & Rachmijati, C. (2017).
Aplikasi Pemahaman Lintas Budaya
(Crosscultural Understanding)
Dalam Pembelajaran Speaking
Untuk Mengatasi Kecemasan
Berbicara (Speaking Anxiety) Pada
Mahasiswa Semester 2 Program
Studi Bahasa Inggris Stkip Siliwangi.
P2M STKIP Siliwangi, 4(2), 32.
https://doi.org/10.22460/p2m.v4i2
p32-39.639.
Ardiansyah, W., & Djohar, A. (2012).
Pengembangan Model Pembelajaran
Membaca Untuk Meningkatkan
Kemampuan Membaca Pemahaman
Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
(Studi pada Mahasiswa Politeknik di
Palembang). Ta’dib : Journal of
Islamic Education, 17(02), 161–170.
https://doi.org/10.19109/tjie.v17i02.
Baker, J., & Westrup, H. (2003). Essential
Speaking Skills: A Handbook for
English Language Teachers. London:
Continuum
Brown, H. D. (2000). Principles of
Language Learning and Teaching
Th Edition. New York: Addison
Wesley Longman Inc
Brown, H.D. (2004). Language Assessment
Principles And Classroom Practices.
Darma. 2009. Buku Pintar Menguasai
Internet. Jakarta: Mediakita.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI
No.20 tahun 2003. Tentang sistem
pendidikan nasional.
FEBRIANTY, N. R. T. (2018). Cards Media”
for Teaching Speaking At the Tenth
Grade of Ma.
Göbel, K., & Helmke, A. (2010).
Intercultural learning in English as
foreign language instruction: The
importance of teachers’ intercultural
experience and the usefulness of
precise instructional directives.
Teaching and Teacher Education,
(8), 1571–1582.
https://doi.org/10.1016/j.tate.2010.
008.
Harmer, J. (2001). How to teach English.
England:Longman
Harmer, Jeremy. (2007). The Practice of
English Language Teaching, Fourth
Edition. Pearson Longman: Harlow
Harmer, Jeremy. (2007). The Practice of
English Language Teaching, Fourth
Edition. Pearson Longman: Harlow
Hizati, A., Ramadhan, syahrul, & Arief, E.
(2018). Pengaruh Model Problem
Based Learning Berbantuan Media
Gambar Berseri Terhadap
Keterampilan Menulis Teks
Eksplanasi Siswa Kelas Viii Smp
Negeri 12 Padang. Pendidikan
Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1),
–190.
https://doi.org/10.31227/osf.io/mh
e3.
Huda, Miftahul.2015. Model-Model
Pengajaran dan Pembelajaran.
Yogyakarta.Pustaka Belajar,hal.197-
Irawan, R., & Surjono, H. D. (2018).
Pengembangan e-learning berbasis
moodle dalam peningkatkan
pemahaman lagu pada pembelajaran
bahasa inggris. Jurnal Inovasi
Teknologi Pendidikan, 5(1), 1
– 11.
https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.10
.
Kurniasih, K., Rahmati, N. A., Umamah, A.,
& Widowati, D. R. (2019). English
Conversation Class (ECC) Untuk
Menciptakan English Environment
Di SMA Islam Nusantara
(SMAINUS). JIPEMAS: Jurnal
Inovasi Hasil Pengabdian
Masyarakat, 2(2), 161.
https://doi.org/10.33474/jipemas.v
i2.2571
Nunan, David 2003. Practical English
Language Teaching. New York: Mc
Graw Hill
Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian
Autentik dalam Pembelajaran
Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press
Nurjannah, Ririn (2019) Implementing
Describe And Draw Technique To
Improve Students’ Ability In
Speaking (A Classroom Action
Research At Eight Grade Students Of
Smp Negeri 36 Mukomuko In The
Academic Year 2017/2018). Diploma
Thesis, Iain Bengkulu.
Http://Repository.Iainbengkulu.Ac.I
d/Id/Eprint/3530
Shoelhi, Muhamad.2015. Komunikasi
Lintas Budaya. Bandung: Simbiosa
Rekatama Media.
Tarigan, henny guntur. 2008. Berbicara
Sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung. Angkasa