Improving Students' Speaking Skill through The Use of Describe and Draw Technique

Authors

  • Turah Nurul Afidah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

speaking skill, describe and draw, social media, PjBL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Keterampilan Berbicara menggunakan
Describe and Draw pada Media Sosial untuk Siswa Kelas X DPIB 2 SMK 4 Semarang. Penelitian
melakukan di Kelas X DPIB 2 SMK 4 Semarang dengan jumlah 36 siswa. Menggunakan Jenis penelitian
tindakan kelas (PTK) secara kolaboratif. Menggunkakan teknik Describe and Draw dengan model
pembelajaran Project-based Learning. Penelitian tindakan kelas terdiri dari pra siklus, siklus I, dan
siklus II. Pada Tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan dari
proyek video yang dibuat siswa, sebanyak 28%, dinyatakan tuntas KKM pada pembelajaran pra siklus,
kemudian pada siklus I ketuntasan meningkat menjadi pada siklus I dengan jumlah ketercapaian 55%,
kemudian pada siklus II meningkat menjadi 78%, dengan kategori sangat baik dan memenuhi kriteria
ketuntasan. Capaian rata-rata hasil belajar peserta didik pada pra siklus mencapai 59 pada siklus I
meningkat menjadi 69, pada siklus II meningkat menjadi 83. Dapat disimpulkan bahwa Describe and
Draw meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam materi describing place untuk siswa kelas X
DPIB 2 SMK N 4 Semarang.

References

Abd El Fattah Torky, S. (2006). The

Effectiveness of a Task- Based

Instruction Program in Developing

the English Language Speaking Skills

of Secondary Stage Students. Ph.D.

Dissertation. Curricula and Methods

of Teaching Department, Women’s

College, Ain Shams University

Anggraeni, A., & Rachmijati, C. (2017).

Aplikasi Pemahaman Lintas Budaya

(Crosscultural Understanding)

Dalam Pembelajaran Speaking

Untuk Mengatasi Kecemasan

Berbicara (Speaking Anxiety) Pada

Mahasiswa Semester 2 Program

Studi Bahasa Inggris Stkip Siliwangi.

P2M STKIP Siliwangi, 4(2), 32.

https://doi.org/10.22460/p2m.v4i2

p32-39.639.

Ardiansyah, W., & Djohar, A. (2012).

Pengembangan Model Pembelajaran

Membaca Untuk Meningkatkan

Kemampuan Membaca Pemahaman

Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

(Studi pada Mahasiswa Politeknik di

Palembang). Ta’dib : Journal of

Islamic Education, 17(02), 161–170.

https://doi.org/10.19109/tjie.v17i02.

Baker, J., & Westrup, H. (2003). Essential

Speaking Skills: A Handbook for

English Language Teachers. London:

Continuum

Brown, H. D. (2000). Principles of

Language Learning and Teaching

Th Edition. New York: Addison

Wesley Longman Inc

Brown, H.D. (2004). Language Assessment

Principles And Classroom Practices.

Darma. 2009. Buku Pintar Menguasai

Internet. Jakarta: Mediakita.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI

No.20 tahun 2003. Tentang sistem

pendidikan nasional.

FEBRIANTY, N. R. T. (2018). Cards Media”

for Teaching Speaking At the Tenth

Grade of Ma.

Göbel, K., & Helmke, A. (2010).

Intercultural learning in English as

foreign language instruction: The

importance of teachers’ intercultural

experience and the usefulness of

precise instructional directives.

Teaching and Teacher Education,

(8), 1571–1582.

https://doi.org/10.1016/j.tate.2010.

008.

Harmer, J. (2001). How to teach English.

England:Longman

Harmer, Jeremy. (2007). The Practice of

English Language Teaching, Fourth

Edition. Pearson Longman: Harlow

Harmer, Jeremy. (2007). The Practice of

English Language Teaching, Fourth

Edition. Pearson Longman: Harlow

Hizati, A., Ramadhan, syahrul, & Arief, E.

(2018). Pengaruh Model Problem

Based Learning Berbantuan Media

Gambar Berseri Terhadap

Keterampilan Menulis Teks

Eksplanasi Siswa Kelas Viii Smp

Negeri 12 Padang. Pendidikan

Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1),

–190.

https://doi.org/10.31227/osf.io/mh

e3.

Huda, Miftahul.2015. Model-Model

Pengajaran dan Pembelajaran.

Yogyakarta.Pustaka Belajar,hal.197-

Irawan, R., & Surjono, H. D. (2018).

Pengembangan e-learning berbasis

moodle dalam peningkatkan

pemahaman lagu pada pembelajaran

bahasa inggris. Jurnal Inovasi

Teknologi Pendidikan, 5(1), 1

– 11.

https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.10

.

Kurniasih, K., Rahmati, N. A., Umamah, A.,

& Widowati, D. R. (2019). English

Conversation Class (ECC) Untuk

Menciptakan English Environment

Di SMA Islam Nusantara

(SMAINUS). JIPEMAS: Jurnal

Inovasi Hasil Pengabdian

Masyarakat, 2(2), 161.

https://doi.org/10.33474/jipemas.v

i2.2571

Nunan, David 2003. Practical English

Language Teaching. New York: Mc

Graw Hill

Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian

Autentik dalam Pembelajaran

Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press

Nurjannah, Ririn (2019) Implementing

Describe And Draw Technique To

Improve Students’ Ability In

Speaking (A Classroom Action

Research At Eight Grade Students Of

Smp Negeri 36 Mukomuko In The

Academic Year 2017/2018). Diploma

Thesis, Iain Bengkulu.

Http://Repository.Iainbengkulu.Ac.I

d/Id/Eprint/3530

Shoelhi, Muhamad.2015. Komunikasi

Lintas Budaya. Bandung: Simbiosa

Rekatama Media.

Tarigan, henny guntur. 2008. Berbicara

Sebagai Suatu Keterampilan

Berbahasa. Bandung. Angkasa

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Afidah, T. N. (2023). Improving Students’ Speaking Skill through The Use of Describe and Draw Technique. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 785–792. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5184

Issue

Section

Prosiding 2023