3. Penerapan Model PjBL Berbantuan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Dimensi Kreatif Peserta Didik Kelas IV SD 1 Panjang
Keywords:
Dimensi Kreatif, PjBL, Pop-Up BookAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan bagaimana pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Pop-Up Book dalam meningkatkan dimensi kreatif peserta didik kelas IV di SD 1 Panjang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD 1 Panjang yang berjumlah 25 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Pop-Up Book dapat meningkatkan dimensi kreatif peserta didik, yaitu pada pra siklus rata-rata pencapaian indikator dimensi kreatif mencapai 69% dalam kategori Mulai Berkembang. Pada Siklus I rata-rata pencapaian indikator sebesar 82% dalam kategori Sedang Berkembang. Sedangkan pada siklus II rata-rata pencapaian indikator meningkat menjadi 92% dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan. Hasil ini menunjukan bahwa adanya peningkatan kemampuan dimensi kreatif peserta didik pada setiap siklus dengan menerapkan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Pop-Up Book. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Pop-Up Book dapat meningkatkan dimensi kreatif pada peserta didik kelas IV SD 1 Panjang.