3. Penerapan Model PjBL Berbantuan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Dimensi Kreatif Peserta Didik Kelas IV SD 1 Panjang

Authors

  • Umi Fadhilah Universitas PGRI Semarang
  • Dina Prasetyowati Universitas PGRI Semarang
  • Lasmini SD 1 Panjang Kudus

Keywords:

Dimensi Kreatif, PjBL, Pop-Up Book

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan bagaimana pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Pop-Up Book dalam meningkatkan dimensi kreatif peserta didik kelas IV di SD 1 Panjang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD 1 Panjang yang berjumlah 25 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Pop-Up Book dapat meningkatkan dimensi kreatif peserta didik, yaitu pada pra siklus rata-rata pencapaian indikator dimensi kreatif mencapai 69% dalam kategori Mulai Berkembang. Pada Siklus I rata-rata pencapaian indikator sebesar 82% dalam kategori Sedang Berkembang. Sedangkan pada siklus II rata-rata pencapaian indikator meningkat menjadi 92% dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan. Hasil ini menunjukan bahwa adanya peningkatan kemampuan dimensi kreatif peserta didik pada setiap siklus dengan menerapkan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Pop-Up Book. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Pop-Up Book dapat meningkatkan dimensi kreatif pada peserta didik kelas IV SD 1 Panjang.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Fadhilah, U. ., Prasetyowati, D., & Lasmini. (2023). 3. Penerapan Model PjBL Berbantuan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Dimensi Kreatif Peserta Didik Kelas IV SD 1 Panjang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 18–24. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3902

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)