KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL BERBANTU MEDIA CANVA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X 2 SMA N 10 SEMARANG

Authors

  • Setia Wahyu Ningsih Universitas PGRI Semarang

Keywords:

PJBL (Project Based Learning, Media, Writing, Biography

Abstract

Tujuan penelitian ini membahas tentang Pendidikan pada era modern yang mengalami transformasi, berbagai inovasi teknologi bermunculan menunjang kemajuan pendidikan di Indonesia. Pada kurikulum merdeka setiap materi pelajaran diinegrasikan dengan teknologi. Penelitian ini diakukan pada siswa kelas X, tentang keefektifan model pembelajaran PJBL ( Project Based Learning) berbantu media canva dalam meningkatkan kemampuan menuls teks biografi. Berdasarkan hasil pretest yang dilakukan di kelas X 2 SMA Negeri 10 Semarang diperoleh data  hasil belajar peserta didik masuk dalam kategori rendah pada materi menulis teks biografi. Berdasarkan observasi guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu ceramah, guru tidak menerapkan media pembelajaran yang menarik, hasil belajar peserta didik  masih rendah, peserta didik menganggap pelajaran menulis sulit. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model pembelajaran PJBL yang akan melibatkan peserta didik aktif dalam pembelajaran, guru sebagai fasilitator untuk memantau, dan membantu peserta didik selama kegiatan belajar dengan berbantu media canva. Hasil belajar pada tahap pra siklus diperoleh rata-rata nilai sebesar 82,8 dengan tingkat ketuntasan sebesar 81,6% (24 peserta didik) masih dibawah ketuntasan klasikal. pada siklus I berjalan dengan efektif. Hasil belajar peserta didik rata-rata 85,5. Presentase ketuntasan  klasikal 82%. Pada siklus II meningkat dibanding dengan hasil siklus I. yaitu dengan nilai rata-rata 89,7 dan presentase ketuntasan klasikal 100%. Berdasarkan hasil penelitian Tindakan kelas (PTK) yang telah dilaksanakan dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis teks biografi melalui penggunaan model pembelajaran PJBL berbantu media Canva pada pembelajaran menulis teks biografi peserta didik kelas X 2 SMA N 10 Semarang.

References

Arsyad, A. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Abbas, Saleh. 2006. Bahasa Indonesia: Sebuah Pengantar Pemakaiannya. Pustaka Jaya.

Arikunto, Suhardjono, dan Setiahadi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Fathurrohman, M. 2016. Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Pembuatan Manisan pada Mapel Prakarya Jenjang SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran LPPM Unindra, 2(1), 1-10.

Fathurrohman, M. 2016. Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Kolaboratif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 225-240.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Badan Pengembangan Bahasa dan Pembinaan Pustaka, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Panduan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Jakarta: Kemendikbud.

Nurhadi. 2017. Menulis Efektif: Panduan Praktis untuk Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purnamawati, E. 2012. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Grasindo.

Saefudin, A. 2014. Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Bandung: Simpul Pustaka.

Saefudin, A. 2014. Strategi Pembelajaran Aktif: Konsep, Model, Aplikasi, dan Penilaian. Bandung: Pustaka Pelajar.

Subandi, Ahmad. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Rajagrafindo Persada.

Sudjono, E. 2001. Pengantar Ilmu Bahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Supardi, E. 2002. Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Erlangga.

Sparno, Yunus. 2009. Komunikasi dan Kebudayaan Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Susilowati, Evi. 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Ekspositif Melalui

Pembelajaran Berbasis Genre pada Siswa Kelas IV SDN 2 Karangjati Sragen. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 10(1), 1-10.

Tarigan, H. G. 2013. Mempertajam Kemampuan Menulis. Jakarta: Pustaka Jaya.

Widyastuti, T. 2007. Teks Persuasif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Warsono, B. 2012. Integrasi Teknologi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Wahyu Ningsih, S. (2024). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL BERBANTU MEDIA CANVA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X 2 SMA N 10 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 212–219. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5938

Issue

Section

Bahasa Indonesia