230. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Project Based Learning Berbantuan Media Audio-visual Kelas 3 Sekolah Dasar
Keywords:
Model Project Based Learning, Hasil Belajar, Media Audio-visualAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas 3 SD 5 Klaling Jekulo Kudus. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audio-visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audio-visual diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas 3 SD 5 Klaling Jekulo Kudus. Penelitian ini dilakukan pada kelas 3 SD 5 Klaling Jekulo Kudus dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari 15 perempuan dan 19 laki-laki. Dengan prosedur penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus yakni Siklus I dan Siklus II dan diawali dengan kegiatan Pra Siklus. Kegiatan pra siklus tersebut dilakukan untuk mengumpulkan data seperti dokumen dan dilanjutkan ke Siklus I dan Siklus 2 untuk mendapatkan hasil belajar siswa dengan memberikan soal evaluasi. Pada tiap siklus dilakukan perbaikan RPP dan media sehingga dapat diketahui keberhasilan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audio-visual menunjukkan peningkatan. Adapun peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil nilai evaluasi yang diperoleh siswa. Tujuan penggunaan model Project Based Learing (PjBL) berbantuan media audio-visual adalah dapat membuat siswa dan guru menjadi lebih aktif dan semakin kreatif, serta mampu memberikan pengalaman dan kemampuan bekerja mandiri maupun kelompok untuk membuat suatu proye. Dengan demikian penerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan berbantuan media audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SD 5 Klaling Jekulo Kudus.