Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vi A Sd Negeri Peterongan Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat
Keywords:
bilangan bulat, Problem Based Learning, sekolah dasarAbstract
Hasil belajar menjadi salahsatu bukti terlaksananya kegiatan pembelajaran yang mampu
menggambarkan bentuk ketercapaian kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam skala penilaian
tertentu.Permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah tingkat pemahaman yang rendah kelas
VI A SDN Peterongan terkait materi operasi hitung campuran bilangan bulat pada mata pelajaran
matematika sehingga penulis menyimpulkan bahwa beberapa peserta didik kelas VI A masih mengalami
kesulitan belajar matematika terutama dalam materi operasi hitung campuran bilangan bulat., tujuan
penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI A terkait pemahaman yang
kurang pada materi operasi hitung campuran bilangan bulat, metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah analisis kuantitatif dan analisis kulitatif, hasil dari siklus terakhir peserta didik memperoleh
nilai di atas KKM adalah sebanyak 25 anak dengan presentase 89,28% serta nilai rata – rata kelas yang
dicapai adalah 80. Dengan hasil yang ditunjukan tersebut menyiratkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Problem Based Learning pada materi operasi hitung campuran bilangan bulat di kelas VI
A berhasil diterapkan dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.
References
Agustin, M., Yensy, N.A., dan Rusdi. 2017.
Upaya Meningkatkan Aktivitas
Belajar Siswa dengan Menerapkan
Model Pembelajaran Problem Posing
Tipe Pre Solution Posing di SMP
Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal
Penelitian Pembelajaran Matematika
Sekolah (JP2MS), 1 (1), 66-72.
Aqib, Z., Naftuh, Sujak, dan Kawentar.
Penelitian Tindakan Kelas
untuk Guru, SMP, SMA, SMK.
Bandung: CV.Yrama Widya.
Eismawati, E., Koeswani, H.D., dan Radia,
E.H. 2019. Peningkatan Hasil Belajar
Matematika Melalui Model
Pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD.
Jurnal Matematika: Juenal
Penelitian Matematika dan
Pendidikan Matematika, 3 (2), 71-78.
Elan, Muiz. D.A., dan Feranis. 2017.
Penggunaan Media Puzzle untuk
Meningkatkan Kemampuan
Mengenal Bentuk Geometri. Jurnal
PAUD Agapedia, 1 (1), 66-75.
Gunantara, Suarjana, dan Riastini, N.
Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based
Learning Untuk Meningkatkan
Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika Siswa Kelas V. Jurnal
Mimbar PGSD Universitas
Pendidikan Ganesha, 2 (1).
Gunawan, Imam. 2016. Metode Penelitian
Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta:
Bumi Aksara.
Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran
Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.
Hasmiati, Jamilah, dan Mustami, M.K.,
Aktivitas dan Hasil Belajar
Siswa pada Pembelajaran
Pertumbuhan dan Perkembangan
dengan Metode Praktikum. Jurnal
Biotek, 5 (1), 21-35.
Husna, N., Sari, S.A., dan Halim, A. 2017.
Pengembangan Media Puzzle Materi
Pencemaran Lingkungan di SMP
Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal
Pendidikan Sains Indonesia, 2 (1),
-71.
Juliawan, G.A., Mahadewi, L.P.P., dan Rati,
N.W. 2017. Pengaruh Model Problem
Based Learning (PBL) Terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika Siswa Kelas III. e-
Journal PGSD Universitas
Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD,
(2), 1-9.
Kemendikbud. 2016. Silabus Mata
Pelajaran Sekolah Dasar/Madrasah
Ibtidaiyah (SD/MI). Jakarta:
Kemendikbud.
Kunandar. 2011. Langkah Mudah
Penelitian Tindakan Kelas sebagai
Pengembangan Profesi Guru.
Jakarta: PT. Rajawali Pers.