Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vi A Sd Negeri Peterongan Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat

Authors

  • Arif Dias Artama Universitas PGRI Semarang

Keywords:

bilangan bulat, Problem Based Learning, sekolah dasar

Abstract

Hasil belajar menjadi salahsatu bukti terlaksananya kegiatan pembelajaran yang mampu
menggambarkan bentuk ketercapaian kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam skala penilaian
tertentu.Permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah tingkat pemahaman yang rendah kelas
VI A SDN Peterongan terkait materi operasi hitung campuran bilangan bulat pada mata pelajaran
matematika sehingga penulis menyimpulkan bahwa beberapa peserta didik kelas VI A masih mengalami
kesulitan belajar matematika terutama dalam materi operasi hitung campuran bilangan bulat., tujuan
penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI A terkait pemahaman yang
kurang pada materi operasi hitung campuran bilangan bulat, metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah analisis kuantitatif dan analisis kulitatif, hasil dari siklus terakhir peserta didik memperoleh
nilai di atas KKM adalah sebanyak 25 anak dengan presentase 89,28% serta nilai rata – rata kelas yang
dicapai adalah 80. Dengan hasil yang ditunjukan tersebut menyiratkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Problem Based Learning pada materi operasi hitung campuran bilangan bulat di kelas VI
A berhasil diterapkan dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Agustin, M., Yensy, N.A., dan Rusdi. 2017.

Upaya Meningkatkan Aktivitas

Belajar Siswa dengan Menerapkan

Model Pembelajaran Problem Posing

Tipe Pre Solution Posing di SMP

Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal

Penelitian Pembelajaran Matematika

Sekolah (JP2MS), 1 (1), 66-72.

Aqib, Z., Naftuh, Sujak, dan Kawentar.

Penelitian Tindakan Kelas

untuk Guru, SMP, SMA, SMK.

Bandung: CV.Yrama Widya.

Eismawati, E., Koeswani, H.D., dan Radia,

E.H. 2019. Peningkatan Hasil Belajar

Matematika Melalui Model

Pembelajaran Problem Based

Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD.

Jurnal Matematika: Juenal

Penelitian Matematika dan

Pendidikan Matematika, 3 (2), 71-78.

Elan, Muiz. D.A., dan Feranis. 2017.

Penggunaan Media Puzzle untuk

Meningkatkan Kemampuan

Mengenal Bentuk Geometri. Jurnal

PAUD Agapedia, 1 (1), 66-75.

Gunantara, Suarjana, dan Riastini, N.

Penerapan Model

Pembelajaran Problem Based

Learning Untuk Meningkatkan

Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematika Siswa Kelas V. Jurnal

Mimbar PGSD Universitas

Pendidikan Ganesha, 2 (1).

Gunawan, Imam. 2016. Metode Penelitian

Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta:

Bumi Aksara.

Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran

Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.

Hasmiati, Jamilah, dan Mustami, M.K.,

Aktivitas dan Hasil Belajar

Siswa pada Pembelajaran

Pertumbuhan dan Perkembangan

dengan Metode Praktikum. Jurnal

Biotek, 5 (1), 21-35.

Husna, N., Sari, S.A., dan Halim, A. 2017.

Pengembangan Media Puzzle Materi

Pencemaran Lingkungan di SMP

Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal

Pendidikan Sains Indonesia, 2 (1),

-71.

Juliawan, G.A., Mahadewi, L.P.P., dan Rati,

N.W. 2017. Pengaruh Model Problem

Based Learning (PBL) Terhadap

Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematika Siswa Kelas III. e-

Journal PGSD Universitas

Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD,

(2), 1-9.

Kemendikbud. 2016. Silabus Mata

Pelajaran Sekolah Dasar/Madrasah

Ibtidaiyah (SD/MI). Jakarta:

Kemendikbud.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah

Penelitian Tindakan Kelas sebagai

Pengembangan Profesi Guru.

Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Dias Artama, A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vi A Sd Negeri Peterongan Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1653–1660. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5301

Issue

Section

Prosiding 2023