Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Pintar Perkalian untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II di Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, Media Papan Pintar Perkalian, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan berbantuan papan pintar perkalian berbunyi untuk meningkatkan hasil belajar Matematika. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas IID SDI Al Madina Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025 sebanyak 27 siswa sebagai penerima tindakan, sedangkan yang memberikan tindakan adalah peneliti dan wali kelas IID. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan media Papan Pintar Perkalian, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada materi Matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes setiap siklus, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif yang diperoleh 27 siswa kelas SDI Al-Madina Semarang hasil ulangan harian pada pra siklus 25% siswa tuntas dan 75% siswa tidak tuntas. Penerapan model Problem Based Learning berbantuan media papan pintar perkalian hasil belajar kognitif siswa meningkat siklus I memperoleh ketuntasan sebesar 44,4% dan 55,6% tidak tuntas. Sedangkan, pada siklus II dilakukan refleksi sehingga mengalami peningkatan dari siklus I dengan capaian ketuntasan sebesar 85,2% siswa tuntas dan 14,8% siswa tidak tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media papan pintar perkalian efektif dan layak digunakan saat pembelajaran.
References
Amir et al. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematiksiswa Sekolah Dasar. Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS), 1(2), 22-34. Doi:https://doi.org/10.47323/ujss.v1i2.22
Angga & Iskandar, S.(2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Besicedu, 6(3), 5296-5301
Baiguni, I. (2016). Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM, 1(2), 193-203.
Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta
Hutami et al. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Keragaman Budaya Indonesia Terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Keragaman Budaya Kelas IV SD Negeri Gabusbanaran Jombang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1804-1814.
Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
Layyina et al. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall pada Siswa Kelas V SDN Peterongan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3370-3378.
Lidnillah, A. H., & Mawardi, I. (2015). Praktik Gharar Pada Hubungan Bisnis UMKM-Eksportir Furnitur di Jepara. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 2(2). 108-127. doi: https://doi.org/10.20473/vol2iss20152pp108-129
Setyowati et al. (2023). Penerapan Model PBL Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 2 Mijen. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1975–1985.
Wulandari et al. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal on Education, 5(2), 3929-3936.Zaini, H., & Dewi, K. (2017). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489