Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Ular Berbunyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V di Sekolah Dasar

Authors

  • Suhana Yuha Prasetya Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Media Ular Berbunyi, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan berbantuan media ular berbunyi untuk meningkatkan hasil belajar IPAS. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SD Al-Madinah Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024 sebanyak 27 siswa sebagai penerima tindakan, sedangkan yang memberikan tindakan adalah peneliti dan wali kelas V. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan media Ular Berbunyi, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada materi IPAS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes setiap siklus, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif yang diperoleh 27  siswa kelas SD Al-Madinah Semarang hasil ulangan harian pada pra siklus 25%  siswa tuntas dan 75% siswa tidak tuntas. Penerapan model Problem Based Learning berbantuan media ular berbunyi hasil belajar kognitif siswa meningkat siklus I memperoleh ketuntasan sebesar 44,4% dan 55,6% tidak tuntas. Sedangkan, pada siklus II  dilakukan refleksi sehingga mengalami peningkatan dari siklus I dengan capaian ketuntasan sebesar 85,2%  siswa tuntas dan 14,8% siswa tidak tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media ular berbunyi efektif dan layak digunakan di kegiatan pembelajaran.

References

Amir et al. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematiksiswa Sekolah Dasar. Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS), 1(2), 22-34. Doi:https://doi.org/10.47323/ujss.v1i2.22

Angga & Iskandar, S.(2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Besicedu, 6(3), 5296-5301

Baiguni, I. (2016). Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM, 1(2), 193-203.

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta

Hutami et al. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Keragaman Budaya Indonesia Terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Keragaman Budaya Kelas IV SD Negeri Gabusbanaran Jombang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1804-1814.

Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Layyina et al. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall pada Siswa Kelas V SDN Peterongan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3370-3378.

Lidnillah, A. H., & Mawardi, I. (2015). Praktik Gharar Pada Hubungan Bisnis UMKM-Eksportir Furnitur di Jepara. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 2(2). 108-127. doi: https://doi.org/10.20473/vol2iss20152pp108-129

Setyowati et al. (2023). Penerapan Model PBL Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 2 Mijen. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1975–1985.

Wulandari et al. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal on Education, 5(2), 3929-3936.Zaini, H., & Dewi, K. (2017). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Prasetya, S. Y. . (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Ular Berbunyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1859–1864. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5327

Issue

Section

Prosiding 2023