Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Labila Siswa Kelas VI B SDN Gayamsari 02

Authors

  • Cicik Sulistya Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas, Matematika, Labila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem
Baes Learning dengan berbantuan media Labila. Pada Penelitian menggunakan metode Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis and M.C taggart dengan empat tahapan pelaksanaan yaitu (1)
perencanaan (2) pelaksanaaan (3) pengamatan (4) refleksi. Pelaksanaan dilakukan di kelas VI B SDN
Gayamsari 02 Semarang. Subjek penelitian 28 siswa yang terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 12 siswa
perempuan. Teknik pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara
dan soal tes dengan bentuk pilihan ganda yang serta uraian yang dilakukan di kelas pada akhir siklus.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum diterapkan model pembelajaran Problem Based
Leraning berbantuan media Labila (pra siklus), hasil belajar matematika siswa kelas VI B SDN
Gayamsari 02 Semarang masih tergolong rendah rendah yaitu dengan ketuntasan klasikal sebesar 39%,
17 siswa belum mencapai KKM dan 11 siswa sudah memenuhi KKM. Pada siklus I menunjukkan 22
siswa sudah memenuhi KKM dan 6 siswa belum memenuhi KKM dengan klasikal kentuntasan belajar
sebesar 79% meskipun hasil belajar terjadi peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran
Problem Based Learning berbantuan media Labila hasilnya belum memenuhi indikator keberhasilan
dimana ketuntasan belajar klasikal 85%. Pada siklus II menujukkan 25 siswa memenuhi KKM dan 3
siswa belum memenuhi KKM dengan ketuntasan klasikal 92%. Hal tersebut menunjukkan bahwa
peningkatan hasil belajar Matematika melalui model Problem Based Learning berbantuan media
Labila siswa kelas VI B SDN Gayamsari 02, yang awalnya pra siklus dengan hasil belajar rendah
ketuntasan klasikal 39% pada akhir siklus II peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 92%. Model
Problem Based Learning berbantuan media Labila mendorong keterlibatan siswa berinteraksi serta
mampu memecahkan masalah sehingga dapat pemahaman Matematika materi operasi bilangan bulat.

References

Arifin, Zaenal. 2016. Evaluasi

Pembelajaran. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi

Pendidikan. In Jakarta: Bumi

Aksara.

Depdiknas. 2006.Kurikulum Tingkat

Satuan Pendidikan. Jakarta:

Depdiknas.

Jaka. 2023. The Power of Problem Based

Learning. Jakarta: Prenata Media

Group.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat

Satuan Pendidikan. Jakarta:

Depdiknas.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia,

E. H. (2019). Peningkatan hasil

belajar matematika melalui model

pembelajaran problem based

learning (PBL) siswa kelas 4 SD.

Jurnal Mercumatika: Jurnal

Penelitian Matematika Dan

Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model

pembelajaran Problem Based

Learning untuk meningkatkan hasil

belajar matematika SD. Primary:

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah

Dasar, 7(1), 40-47.

Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The

Action Research Planner. Victoria:

Deakin University Press.

Khoerunnisa, P.,(2020).Analisis

Modelmodel Pembelajaran. Jurnal

Pendidikan Dasar, 4(1), 2-27.

Meylina, dan Seran, E.Y. (2018).

Peningkatan Motivasi dan Hasil

Belajar Siswa pada Mata Pelajaran

IPS dengan Menggunakan

Permainan Ular Tangga Kelas V SDN

Kenyauk Tahun Pelajaran

/2018. Jurnal Pendidikan Dasar

PerKhasa, 4(2).

Meylina, dan Seran, E.Y. (2018).

Peningkatan Motivasi dan Hasil

Belajar Siswa pada Mata Pelajaran

IPS dengan Menggunakan

Permainan Ular Tangga Kelas V SDN

Kenyauk Tahun Pelajaran

/2018. Jurnal Pendidikan Dasar

PerKhasa, 4(2).

Mintasih, D. (2018). Mengembangkan

literasi informasi melalui belajar

berbasis kehidupan terintegrasi PBL

untuk menyiapkan calon pendidik

dalam menghadapi era revolusi

industri 4.0. ELEMENTARY:Islamic

Teacher Journal, 6(2), 271-290.

Najoan, R. A.. (2023). Penerapan Model

Problem based Learning untuk

Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika Siswa Sekolah

Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu

Pendidikan, 5(2), 1268-1278.

Pradana, D. P. (2021). Perbandingan

Metode Ceramah Dan Cerita Dalam

Pembelajaran Pendidikan Agama

Katolik Untuk Meningkatkan

Prestasi Belajar Peserta Didik

Sekolah Dasar Katolik Di Kota

Madiun (Doctoral dissertation,

WINAPress)

Rahma. (2023). Penggunaan Media Ular

Tangga Dengan Model Problem

Based Learning Terhadap Hasil

Belajar Siswa Materi Bangun Datar

Kelas IV Sekolah Dasar. Adicarya:

Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran, 5(1), 1-7.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Sulistya, C. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Labila Siswa Kelas VI B SDN Gayamsari 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1686–1695. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5305

Issue

Section

Prosiding 2023