Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Labila Siswa Kelas VI B SDN Gayamsari 02
Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas, Matematika, LabilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem
Baes Learning dengan berbantuan media Labila. Pada Penelitian menggunakan metode Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis and M.C taggart dengan empat tahapan pelaksanaan yaitu (1)
perencanaan (2) pelaksanaaan (3) pengamatan (4) refleksi. Pelaksanaan dilakukan di kelas VI B SDN
Gayamsari 02 Semarang. Subjek penelitian 28 siswa yang terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 12 siswa
perempuan. Teknik pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara
dan soal tes dengan bentuk pilihan ganda yang serta uraian yang dilakukan di kelas pada akhir siklus.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum diterapkan model pembelajaran Problem Based
Leraning berbantuan media Labila (pra siklus), hasil belajar matematika siswa kelas VI B SDN
Gayamsari 02 Semarang masih tergolong rendah rendah yaitu dengan ketuntasan klasikal sebesar 39%,
17 siswa belum mencapai KKM dan 11 siswa sudah memenuhi KKM. Pada siklus I menunjukkan 22
siswa sudah memenuhi KKM dan 6 siswa belum memenuhi KKM dengan klasikal kentuntasan belajar
sebesar 79% meskipun hasil belajar terjadi peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran
Problem Based Learning berbantuan media Labila hasilnya belum memenuhi indikator keberhasilan
dimana ketuntasan belajar klasikal 85%. Pada siklus II menujukkan 25 siswa memenuhi KKM dan 3
siswa belum memenuhi KKM dengan ketuntasan klasikal 92%. Hal tersebut menunjukkan bahwa
peningkatan hasil belajar Matematika melalui model Problem Based Learning berbantuan media
Labila siswa kelas VI B SDN Gayamsari 02, yang awalnya pra siklus dengan hasil belajar rendah
ketuntasan klasikal 39% pada akhir siklus II peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 92%. Model
Problem Based Learning berbantuan media Labila mendorong keterlibatan siswa berinteraksi serta
mampu memecahkan masalah sehingga dapat pemahaman Matematika materi operasi bilangan bulat.
References
Arifin, Zaenal. 2016. Evaluasi
Pembelajaran. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi
Pendidikan. In Jakarta: Bumi
Aksara.
Depdiknas. 2006.Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan. Jakarta:
Depdiknas.
Jaka. 2023. The Power of Problem Based
Learning. Jakarta: Prenata Media
Group.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan. Jakarta:
Depdiknas.
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia,
E. H. (2019). Peningkatan hasil
belajar matematika melalui model
pembelajaran problem based
learning (PBL) siswa kelas 4 SD.
Jurnal Mercumatika: Jurnal
Penelitian Matematika Dan
Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model
pembelajaran Problem Based
Learning untuk meningkatkan hasil
belajar matematika SD. Primary:
Jurnal Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, 7(1), 40-47.
Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The
Action Research Planner. Victoria:
Deakin University Press.
Khoerunnisa, P.,(2020).Analisis
Modelmodel Pembelajaran. Jurnal
Pendidikan Dasar, 4(1), 2-27.
Meylina, dan Seran, E.Y. (2018).
Peningkatan Motivasi dan Hasil
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran
IPS dengan Menggunakan
Permainan Ular Tangga Kelas V SDN
Kenyauk Tahun Pelajaran
/2018. Jurnal Pendidikan Dasar
PerKhasa, 4(2).
Meylina, dan Seran, E.Y. (2018).
Peningkatan Motivasi dan Hasil
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran
IPS dengan Menggunakan
Permainan Ular Tangga Kelas V SDN
Kenyauk Tahun Pelajaran
/2018. Jurnal Pendidikan Dasar
PerKhasa, 4(2).
Mintasih, D. (2018). Mengembangkan
literasi informasi melalui belajar
berbasis kehidupan terintegrasi PBL
untuk menyiapkan calon pendidik
dalam menghadapi era revolusi
industri 4.0. ELEMENTARY:Islamic
Teacher Journal, 6(2), 271-290.
Najoan, R. A.. (2023). Penerapan Model
Problem based Learning untuk
Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Siswa Sekolah
Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu
Pendidikan, 5(2), 1268-1278.
Pradana, D. P. (2021). Perbandingan
Metode Ceramah Dan Cerita Dalam
Pembelajaran Pendidikan Agama
Katolik Untuk Meningkatkan
Prestasi Belajar Peserta Didik
Sekolah Dasar Katolik Di Kota
Madiun (Doctoral dissertation,
WINAPress)
Rahma. (2023). Penggunaan Media Ular
Tangga Dengan Model Problem
Based Learning Terhadap Hasil
Belajar Siswa Materi Bangun Datar
Kelas IV Sekolah Dasar. Adicarya:
Jurnal Pendidikan dan
Pembelajaran, 5(1), 1-7.