83. Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Problem Based Learning Berbantuan Media Konkrit pada Muatan Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 3 Ngetuk Jepara

Authors

  • Rizky Wulandari Universitas PGRI Semarang
  • Filia Prima Universitas PGRI Semarang
  • Hariyanto Sekolah Dasar Negeri 3 Ngetuk Jepara

Keywords:

Hasil Belajar, Problem based learning, Kelas 5, Muatan IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peningkatan hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Problem based learning berbantuan media konkrit. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 3 Ngetuk jepara dengan jumlah peserta didik sebanyak 15 anak. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik. Sedangkan untuk variabel bebasnya adalah model pembelajaran Problem based learning berbantuan media konkrit. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik observasi, teknik tes, serta teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik setelah mencoba model pembelajaran Problem based learning berdampak terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata 56 dan persentase ketuntasan 20%. Siklus I mendapatkan peningkatan nilai rata-rata menjadi 67,7 dengan persentase ketuntasan mencapai 53%. Peningkatan hasil belajar pada siklus II dengan nilai rata-rata menjadi 80,7 dan persentase ketuntasan peserta didik dalam pembelajaran mencapai 87%. Penerapan Problem based learning berbantuan media konkrit untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 3 Ngetuk Jepara memiliki dampak yang baik

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Wulandari, R., Prima, F., & Hariyanto. (2023). 83. Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Problem Based Learning Berbantuan Media Konkrit pada Muatan Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 3 Ngetuk Jepara. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 747–755. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4022

Issue

Section

Prosiding 2023