Peningkatan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Ambila (Ambil Bilangan Bulat) pada Siswa Kelas VI SD Negeri Tlogosari Kulon 01

Authors

  • Nasiyatul Auliyah
  • Rina Dwi Setyawati
  • Ariani Nur Setyawati

Keywords:

Hasil Belajar, Operasi Hitung, Bilangan Bulat, Problem Based Learning, Media AMBILA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dihadap pada mata pelajaran operasi hitung bilangan bulat siswa kelas VI di SD Negeri Tlogosari Kulon 01 Semarang. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sasaran penelitian adalah peserta didik kelas VI SDN Tlogosari Kulon 01 Kota Semarang tahun pelajaran 2023/ 2024 yang berjumlah 28 peserta didik.  Tujuan penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik  dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan AMBILA (Ambil Bilangan Bulat) pada materi operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Dari penelitian ini didapat hasil yaitu pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 71,07 dengan presentase ketuntasan klasikan 67,85%. Pada siklus II rata rata hasil belajar meningkat sampai sampai nilai 88,57 dengan presentase ketuntasan klasikal 92,85%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning berbantuan media AMBILA (Ambil Bilangan Bulat) pada siswa kelas VI SD Negeri Tlogosari Kulon 01 Semarang.  

 

References

Agung, A.A Gede. 2020. Metedologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.

Ali Hamzah dan Muhlisrarini. 2016.Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. dkk. 2008. Peneltian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Erwin, W. (2018). Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter. Ar-Ruzz Media.

Muslihin, Lalu. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas VI SDN 1 Kaligaja. Jurnal Pendidikan dan Sains. 1(2) 28-40

Riowati, R., & Yoenanto, N. H. (2022). Peran guru penggerak pada merdeka belajar untuk memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 1-16.

Sugiyamti. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Membuat Skets Grafik Fungsi Aljabar Sederhana Pada Sistem Koordinat Kartesius Melalui Metode Cooperatif Learning Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 6 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Edunomika. 2(1) 175-186

Sumarmi. 2017. “Improving the Students’ Activity and Learning Outcomes on Social Sciences Subject Using Round Table and Rally Coach of Cooperative Learning Model.” Journal of Education and Practice 8(11):30–37.

Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. 92

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Auliyah, N. ., Setyawati, R. D. ., & Setyawati, A. N. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Ambila (Ambil Bilangan Bulat) pada Siswa Kelas VI SD Negeri Tlogosari Kulon 01. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1797–1803. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5320

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)