Peningkatan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Ambila (Ambil Bilangan Bulat) pada Siswa Kelas VI SD Negeri Tlogosari Kulon 01
Keywords:
Hasil Belajar, Operasi Hitung, Bilangan Bulat, Problem Based Learning, Media AMBILAAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dihadap pada mata pelajaran operasi hitung bilangan bulat siswa kelas VI di SD Negeri Tlogosari Kulon 01 Semarang. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sasaran penelitian adalah peserta didik kelas VI SDN Tlogosari Kulon 01 Kota Semarang tahun pelajaran 2023/ 2024 yang berjumlah 28 peserta didik. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan AMBILA (Ambil Bilangan Bulat) pada materi operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Dari penelitian ini didapat hasil yaitu pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 71,07 dengan presentase ketuntasan klasikan 67,85%. Pada siklus II rata rata hasil belajar meningkat sampai sampai nilai 88,57 dengan presentase ketuntasan klasikal 92,85%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning berbantuan media AMBILA (Ambil Bilangan Bulat) pada siswa kelas VI SD Negeri Tlogosari Kulon 01 Semarang.
References
Agung, A.A Gede. 2020. Metedologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.
Ali Hamzah dan Muhlisrarini. 2016.Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arikunto, S. dkk. 2008. Peneltian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Erwin, W. (2018). Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter. Ar-Ruzz Media.
Muslihin, Lalu. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas VI SDN 1 Kaligaja. Jurnal Pendidikan dan Sains. 1(2) 28-40
Riowati, R., & Yoenanto, N. H. (2022). Peran guru penggerak pada merdeka belajar untuk memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 1-16.
Sugiyamti. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Membuat Skets Grafik Fungsi Aljabar Sederhana Pada Sistem Koordinat Kartesius Melalui Metode Cooperatif Learning Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 6 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Edunomika. 2(1) 175-186
Sumarmi. 2017. “Improving the Students’ Activity and Learning Outcomes on Social Sciences Subject Using Round Table and Rally Coach of Cooperative Learning Model.” Journal of Education and Practice 8(11):30–37.
Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. 92