Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Ular Tangga pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V SD Negeri Panggung Lor

Authors

  • Muhammad Falih Rifqi
  • Henry Januar Saputra
  • Catur Prasetiawati
  • Trinil Wigati

Keywords:

pendidikan, keaktifan siswa, problem based learning, media ular tangga

Abstract

Pendidikan memiliki peran krusial dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan memajukan peradaban bangsa. Guru memegang peranan penting dalam menentukan kualitas pendidikan, dan salah satu faktor adalah keaktifan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas V SD Negeri Panggung Lor dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media ular tangga.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dan dokumentasi. Kriteria keaktifan siswa diukur dengan skor yang dibagi menjadi kategori: sangat rendah, rendah, sedang, dan tinggi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan model pembelajaran, keaktifan siswa cenderung sedang. Namun, setelah menerapkan model Problem Based Learning berbantuan media ular tangga, terjadi peningkatan signifikan dalam keaktifan siswa. Hasil rekapitulasi menunjukkan siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I persentase 65.30% kategori sedang sedangkan pada siklus II sebanyak 77.52% dengan peningkatan kategori tinggi. Ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran ini berhasil meningkatkan keaktifan siswa secara signifikan.

Dalam kesimpulan, model Problem Based Learning berbantuan media ular tangga efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas V SD Negeri Panggung Lor. Model ini memberikan peluang bagi siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran dan mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Oleh karena itu, disarankan agar menerapkan model pembelajaran ini dalam upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam berbagai mata pelajaran.

References

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Aris, Shoimin. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZ Media.

Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2 (1), 586-595.

Baiquni, I. (2016). Penggunaan Media Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 1(2), 193–203.

Kariadinata, & Abdurrahman. (2015). Dasar-Dasar Statistik Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Mahyana. (2018). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. (Skripsi). Universitas Negeri Padang, Indonesia.

Mediatati, W. C. (2021). Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (3), 1321-1328.

Murtono. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif. Ponorogo. Wade Group.

Nurrohim, N., Suyoto, S., & Anjani, T. (2022). Peningkatan Keaktifan Siswa melalui model problem based learning pada mata Pelajaran pkn kelas IV Sekolah Dasar Negeri. Journal of Primary Education. 3(1), 60-75. Retrieved from https://jurnalfaktarbiyah.iainkediri.ac.id/index.php/sittah/article/view/157/269

Rivai, I., Khaq, M., & Anjarini, T. (2022). Penerapan Media Ular Tangga Berbantuan Kartu Angka untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II. Jurnal Kualita Pendidikan. 3(1), 31-37. Retrieved from https://journal.kualitama.com/index.php/jkp/article/view/131/171

Siregar, M. D. (2015). Kinerja Guru Dalam Mengelolah Proses Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 10(2), 234.

Syaifuddin, Muhammad. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. Vol 02 (2). 139-144.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Rifqi, M. F. ., Saputra, H. J. ., Prasetiawati, C. ., & Wigati, T. . (2023). Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Ular Tangga pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V SD Negeri Panggung Lor. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1789–1796. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5318

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)