Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Media Ropersitung (Roda Pertanyaan Siapa Beruntung) Berbantuan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas 3 SD Negeri Panggung Lor
Keywords:
Minat Belajar, Media Ropersitung,, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menjabarkan hasil minat belajar siswa dalam pembelajaran tematik pada tema “Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup” kelas 3 melalui penerapan media Ropersitung (Roda Pertanyaan Siapa Beruntung) berbantuan model pembelajaran Problem Based Learning di Kelas 3 SDN Panggung Lor.
Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus, dengan subjek penelitian siswa kelas 3 SDN Panggung lor dengan jumlah siswa sebanyak 27 siswa dengan 17 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2023 di SDN Panggung Lor. Penelitian ini memperoleh data dari angket, observasi serta dokumentasi. Indikator minat belajar yang digunakan adalah, perasaan senang, perhatian, ketertarikan, keterlibatan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan medi Ropersitung (Roda Pertanyaan Siapa Beruntung) berbantuan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas 3 SDN Panggung Lor, hasil pada siklus I diperoleh hasil observasi observasi menunjukan data sebesar 70,37% dengan hasil angket sebesar 40,74% minat belajar siswa secara klasiklas terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus II yakni perolehan data observasi sebesar 88,89% dengan hasil perhitungan angket minat belajar secara klasikal sebesar 88,89%. Kesimpulannya dengan menggunakan media ropersitung pada pembelajaran tematik tema 1 pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas 3 SDN Panggung Lor.
References
Abuddin. 2011. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Ach,Syaifullah, ( 2010). Tips Bisa Percaya Diri. Jogjakarta: Garailmu
Abror, Abrurrahmah. 1993. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.
Aiken, L.R.,&Groth-Marnat, G (2006). Psychological Testing and Assesmen, 12 edition. Pearson
Apdoludin,Reni, Berlian. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Media Roda Berputar Di Kelas IVB SDN 6/II Muara Bungo. Volume 03 Nomor 01 (2022)
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: PT Rineka Cipta
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia
Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Cet I;Jakarta: RinekaCipta, 2000.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2012.Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud
Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2017). Peneltian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama
Nadia, Fitria, Ersila. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Putar Stiker Pintar Dalam Materi Asean Kelas VI
Sadiman, Arief S, dkk. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan i Kota Tanggerang. Jurnal Pujangga, Volume 1, Nomor 2, Desember 2015.
Rismawati.(2015). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Roda Putar Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Gandong Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004
Sudjana, N, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2008
Susanto Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenademedia Group
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suharsimi
Susanto. (2012). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranada Media Group
Susanto,A 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Prenadamedia Group.
Syah, Muhibbin. (1999). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remadja Rosdakarya.
Trianto, 2011, Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta : Bumi Aksara.
Warsono & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori Asesmen. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Wisudawati dan Sulistyowati. 2015. Metodelogi Pembelajaran IPA. Jakarta : PT Bumi Aksara.