Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerjasama dengan Menggunakan Model PBL Berbantu Media Bapubatus di Kelas II SD Negeri Panggung Lor

Authors

  • Utari Diyahningsih
  • Agnita Siska
  • Trinil Wigati
  • Rimba Kusumawardani

Keywords:

Kemampuan kerja sama, kurikulum Merdeka, Model pembelajaran Problem Based Learning, Bapubatus (Balok puluhan Dan Balok Ratusan)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti pada 26 Juni 2023 di Kelas II SD Negeri Panggung Lor, ditemukan bahwa rendahnya sikap peduli antar peserta didik dalam kegiatan belajar. Pada saat guru memerintahkan untuk melakukan kegiatan diskusi atau kerja kelompok hanya satu atau dua orang saja yang mengerjakan padahal dalam satu kelompok itu beranggotakan 5 sampai 6 peserta didik. Maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya peningkatan kemampuan kerjasama dengan menggunakan model PBL yang dibantu oleh  media Bapubatus (Balok puluhan dan Balok ratusan) II SD Negeri Panggung Lor. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian Tindakan kelas terdiri dari 2 siklus. Empat tahapan dalam PTK tersebut sering disebut dengan satu siklus. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Bapubatus (Balok Puluhan dan Balok Ratusan) dapat meningkatkan kamampuan kerjasama mata pelajaran matematika Bab 1 Bilangan 1 sampai dengan 1.000 Kelas II SD Negeri Panggung Lor semester 1 tahun pelajaran 2023/2024 dengan hasil observasi dari pra siklus rata-rata observasi sebesar 63% kategori sedang, siklus 1 rata-rata 73,55% dengan kategori sedang dan siklus II rata-rata 84,61% dengan kategori sangat tinggi sedangkan dari hasil angket pra siklus rata-rata  sebesar 44,9% kategori rendah, siklus 1 rata-rata 53,6% kategori sedang dan siklus II 90,6% mategori sangat tinggi

References

Alfauziah, Rahmadani; Andy Ariyanto. (2023). Model Problem Based Learning Berbasis Mediapermainan Monopoli Dalam Meningkatkan Pemahamansiswa Sekolah Dasar. Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, X, 127-141.

Arie, Anang; Fathurahman. (2020). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. (H. Djafar, Ed.) Makasar.

Arifuddin, Andi. (2018). Pentingnya Memelihara Kebersihan dan Keamanan Lingkungan Secara Partisipatif demi Meningkatkan Gotong Royong dan Kualitas Hidup Warga. Jurnal Ilmiah Pena, 79-84.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Azza,Salsabila;Puspitasari. (2020, Mei). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasibelajar Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dan Dakwah, 2, 278-288.

Cut, Maitrianti. (2021, April). Hubungan Antara Kecerdasan Intrapersonal dengan Kecerdasan Emosional. Mudarrisuna, 11.

Daniel, Wiznia; Robert Korom. (2012). PBL 2.0: enhancing problem-based learning. Medical Education Online, 1-5.

DEVI, P. M., & Pusari, R. W. (2016). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Melalui Permainan Pipa Bocor Pada Kelompok B RA

Darus Sa’adah Kudus Tahun Ajaran 2016/2017”. 85-97

Desti, Mulyani; Syamsyul Ghufron. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Pendidikan, 225-238.

Dini, Irawati. (2022). Profil Pelajar Pancasil Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul, 6, 1224-1238.

Eni Wulandari. (2022). Penerapan Model Pbl (Problem Based Learning) Padapembelajaran Ipa Siswa Kelas V Sdn 1 Kober Sd. 1-10.

Eva, Nauli Thaib. (2013, February). Hubungan Antara Prestasi Belajardengan Kecerdasan Emosional. Didaktika, 12, 386-398.

Iis, Tiara Siti. (2023). Kebijakan Pendidikan Implementasi Program Wajib Belajar 12 Tahun. 200-208.

Inesa, Tri; Rini, Intansari. (2018, Juli). Peran media pembelajaran dalam meningkatkanprestasi belajar siswa. Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3, 173-181.

Isran,Rasyid. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Pendidikan Matematika, VII, 91-96.

Khasanah, F. U. (2017). “Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui TeamGames Tournament Di Taman Kanak-Kanak”. Pendidikan Anak Usia Dini , 4 (6), 357- 364.

Linda, Setiawati. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajarpraktik Kejuruan Siswa Smk Program Studi Keahlianteknik Komputer Dan Informatika. Pendidikan Vokasi, 326-338.

Nur, Fadhilah; Irma, Magfirah. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Padapembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Uniqbu Journal of Social Sciences, 1, 22-34.

Robert, Halloran; Cynthia Deale. (2013). Designing a Game Based on Monopoly as a Learning Tool for Lodging Development. Journal of

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Diyahningsih, U. ., Siska, A. ., Wigati, T. ., & Kusumawardani, R. . (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerjasama dengan Menggunakan Model PBL Berbantu Media Bapubatus di Kelas II SD Negeri Panggung Lor. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2402–2410. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5395

Issue

Section

Prosiding 2023