206. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran PBL pada Kelas V SDN 1 Jeketro
Keywords:
Hasil belajar, Matematika, Model Pembelajaran PBLAbstract
Hasil belajar peserta didik yang kurang maksimal pada mata pelajaran matematika menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini mengkaji bagaimana proses dan peningkatan hasil belajar dengan penerapan model Problem Based Learning pada mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang melibatkan guru dan teman sejawat sebagai observer. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Langkah-langkah dalam penelitian tindakan dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observing), dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif, dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif adalah penjelasan yang juga mencakup informasi yang diperoleh dari hasil kegiatan yang diamati oleh guru dan peserta didik. Persentase hasil tes evaluasi pada setiap siklus yang telah dilaksanakan inilah yang oleh penelitian ini disebut deskriptif kuantitatif. Kelas V menjadi subjek penelitian di SDN 1 Jeketro semester 2 tahun akademik 2022/2023. Jumlah keseluruhan di kelas V adalah 43 orang, terdiri dari 20 siswi dan 23 siswa. Data hasil belajar peserta didik dari siklus I sampai II disajikan menggunakan tabel dan diagram. Temuan penelitian menunjukkan hasil yang maksimal dengan rata-rata 82,09 dari 37 siswa tuntas (86,05%).Pada Siklus II ini, hasil belajar peserta didik terlihat meningkat dari siklus I. Jadi, dapat dikatakan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V materi volume bangun ruang.