189. Implementasi Model Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN 1 Jeketro

Authors

  • Ahlul Mufid Himayanti
  • Henry Januar Saputra
  • Maryati

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas,, Model Pembelajaran PBL, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Dasar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengimplementasikan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SDN 1 Jeketro pada mata pelajara PPKN. Model Pembelajaran PBL merupakan suatu pendekatan yang menekankan pada pemecahan masalah nyata dalam konteks yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 28 siswa kelas 1 SDN 1 Jeketro sebagai subjek penelitian. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran PBL secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SDN 1 Jeketro. Terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman materi, penerapan konsep, dan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model PBL. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan praktik pembelajaran di tingkat awal pendidikan

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Himayanti, A. M. ., Saputra, H. J. ., & Maryati. (2023). 189. Implementasi Model Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN 1 Jeketro. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1690–1698. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4108

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)