Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Metode Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Permainan Edukatif pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya Kelas IVB SD N Wonotingal Semarang
Keywords:
Pembelajaran berbasis masalah,, permainan edukatif, hasil belajar, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) peserta didik kelas IVB di SD N Wonotingal Semarang melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan permainan edukatif. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu rancangan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif yang berupa presentase dari hasil belajar IPAS antara pra siklus, siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan permainan edukatif dapat meningkatkan hasil belajar IPAS materi Wujud Zat dan Perubahannya. Sebanyak 27 peserta didik di kelas IVB SD N Wonotingal Semarang menjadi subjek penelitian. Ukuran ketuntasan kelas minimal 70. Hasil sebelum dilakukan tindakan yaitu pada pra siklus hanya 5 peserta didik atau 19% yang tuntas, pada siklus I meningkat menjadi 12 atau 44% yang tuntas dan pada siklus II meningkat menjadi 25 peserta didik yang tuntas belajar atau dengan persentase 93%. Penelitian ini dikatakan berhasil karena mencapai indikator kriteria ketuntasan klasikal yaitu ≥ 80% dari seluruh peserta didik. Untuk peningkatan hasil belajar peserta didik, maka diharapkan guru mengimplementasikan model pembelajaran berbasis masalah dengan metode pembelajaran yang lebih bervariatif yaitu bisa dengan permainan edukatif sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran IPAS.
References
Andriani, S., Purnamasari, I., & Wahyuni, D. S. (2023, July). 50. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN Ngempon 02 Materi Perbandingan Melalui Model PBL Berbantu Media Konkrit. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (pp. 11-11).
Iskandar, M.L. (2017). Penerapan Metode Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MI Ma’arif NU 1 Pageraji. Skripsi. Purwekerto: IAIN Purwokerto.
Khasanah, D. U., Reffiane, F., & Karmila, M. (2021). “Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis Etnosains Tema Lingkungan Sahabat Kita Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 03 Lebak Jepara Jawa Tengah”. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(1), 50-56.http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/dwijaloka/article/view/932
Kunandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.
Mukaromah, S. (2018). Metode Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada Kelas III B di MI Bakii Kesugihan 01 Cilacap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Rosidah, C. T. (2018). Penerapan model problem based learning untuk menumbuhkembangkan higher order thinking skill siswa sekolah dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 62-71.
Syamsuardi. (2012). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Di Taman Kanak-Kanak PAUD Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Jurnal Publikasi Pendidikan, 2(1), 59–67.
Toharudin, Moh. 2019. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplkasinya untuk Pendidikan yang Profesional. Klaten: Penerbit Lakeisha.
Uliyah, A., & Isnawati, Z. (2019). Metode Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Shaut Al-‘Arabiyah, 7(1), 31-43
Widayati, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. 6 No. 1, 87-93.