Penerapan Model PBL dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif IPAS Siswa Kelas IV SDN Sawah Besar 01

Authors

  • Emi Yulifa Universits PGRI Semarang
  • Mira Azizah Universits PGRI Semarang
  • Alberta Budi Lestari Universits PGRI Semarang

Keywords:

Model PBL, metode eksperimen, hasil belajar kognitif

Abstract

Hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Sawah Besar 01 cenderung rendah dan belum mencapai KKTP yakni 75. Hal ini dikarenakan guru belum menerapkan pembelajaran berbasis masalah dan belum menerapkan metode yang berbasis percobaan. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar kognitif  IPAS siswa pada materi fotosintesis SDN Sawah Besar 01. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN Sawah Besar 01 dengan jumlah 27 siswa. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara kolaboratif.  Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Tahapan tiap siklus yaitu perencancanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 11% dinyatakan sudah mencapai KKTP pada pembelajaran pra siklus. KKTP yang telah ditentukan yakni 75. Kemudian pada siklus I ketercapaiannya meningkat menjadi 26% dan meningkat pada siklus II menjadi 81% dengan kategori sangat baik dan memenuhi kriteria ketuntasan. Capaian rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada pra siklus mencapai 48,62 dan meningkat pada siklus I menjadi 65,29 kemudian meningkat Kembali pada siklus II mencapai 85,07. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan hasil belajar kognitif IPA melaui model PBL dengan metode eksperimen di kelas IV SDN Sawah Besar 01 dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.

References

Awe, E.Y., Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA pada Siswa SD. Journal of Education Technology, 1, 231–238.

Hadad, M.K., Januar, H., Baktiningsih, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SDN 1 Jeketro. 685–694.

Hassan, F. H., Yusup, V., Saputra, A. H., & Okilanda, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Islam Sinar Cendekia Melalui Metode Eksperimen. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(1), 200–209. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i1.11114

Juita, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Kota Mukomuko. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 43. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1404

Khairunnisa, Y., Rizkiana, F., & Apriani, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Tematik Pada Materi Fotosintesis TTerhadap Motivasi , Kemandirian, dan Hasil Belajar. 10(2), 121–129.

Marwiki, T. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Peduli Terhadap Makhluk Hidup Melalui Model Example Non Example Kelas IV SDN Telukan 03 Sukoharjo Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 30(1), 113. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1245

Masus, S. B., & Fadhilaturrahmi. (2020). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Ipa Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 161–167. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.1129

Muh Ali, A., Satriawati, S., & Nur, R. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen Kelas VI Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 114–121. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.150

Musyadad, V.F., Supriatna, A., Parsa, S. M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.13

Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran UUntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Nurwahidah. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV SDN Lembaya Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa.

Pinasthika, R.P., Kaltsum, H. U. (2022). Analisis Penggunaan Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6558–6566.

Putri, A.A., Swatra, I.W., Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Siswa Kelas III SD. 1(1), 21–32.

Safitri, S. D. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Saintifik Melalui Model Problem Based Learning Pada Muatan Ipa Kelas 5 Sd Negeri 2 Tuksongo. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 2(1), 13–22. https://doi.org/10.51574/jrip.v2i1.70

Septantiningtyas, N., Jailani, M.D. Husain, W. M. (2019). PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Lakeisha.

Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara.

Zulfa, T., Tursinawati., Darnius, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2098–2107.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Emi Yulifa, Mira Azizah, & Alberta Budi Lestari. (2023). Penerapan Model PBL dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif IPAS Siswa Kelas IV SDN Sawah Besar 01. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2236–2244. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5375

Issue

Section

Prosiding 2023