Peningkatan Hasil Belajar Kognitif IPAS melalui Model PBL Berbantuan Media Papan Make A Match Kelas IV SDN Karanganyar Gunung 02

Authors

  • Lathifa Izza Arifani Universits PGRI Semarang
  • Veryliana Purnamasari Universits PGRI Semarang
  • Nur Riskiyati Universits PGRI Semarang

Keywords:

Model PBL, Papan make a match, Hasil belajar kognitif, IPAS

Abstract

Penelitian  ini  dilatar  belakangi  oleh  hasil  belajar kognitif siswa  pada  mata  pelajaran  IPAS    materi  wujud zat dan perubahannya yang cenderung rendah dan belum mencapai KKTP yaitu 70. Hal ini dikarenakan guru belum menerapkan pembelajaran berbasis masalah dan belum menggunakan media pembelajaran yang sesuai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPAS melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media papan Make a Match. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terlaksana dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi dan refleksi Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi dan tes. Subjek penelitian ialah peserta didik kelas IV C SDN Karanganayar Gunung 02 yang berjumlah 25 siswa. Pada penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan lembar observasi, metode analisis data dengan analisis deskriptif. Data hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 58%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 84%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kognitif IPAS siswa kelas IV SDN Karanganyar Gunung 02 dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media papan Make a Match karena sudah mencapai indikator ketuntasan yaitu ≥ 80% siswa yang tuntas dengan KKTP ≥ 70.

References

Ayuni, M. D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui PBL Berbantu Papan Diagram pada Matematika Kelas V SD 1 Panjang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (pp. 51-60). S e m i n a r N a s i o n a l P P G U P G R I S.

Fitri, R. A. (2021). Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 88-101.

Fitriah Mujahidah, W. S. (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 68-77.

Handini, A. E. (2022). pengaruh media interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas 2 sd se-gugus i kecamatan narmada. Jurnal ilmiah profesi pendidikan, 163-169.

Irfadhila, D. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Pada Materi Kubus dan Balok Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora.

Marwa, N. W. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka. METODIK DIDAKTIK:Jurnal Pendidikan Ke-SD an, 54–65.

Rahayu, R. R. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6313-6319.

Safitri, S. D. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Saintifik Melalui Problem Based Learning Pada Muatan Ipa Kelas 5 SDN 2 Tuksongo. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 13-22.

Sari, A. N. (2023). Pengembangan Papan Make and Match sebagai Media Penguasaan Multi-Literasi Peserta Didik TK. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 124-131.

Sari, P. R. (2020). Peningkatan Keterampilan Membaca Dan Menulis Aksara Jawa Melalui Papan Aksara Jawa (Pasar Jawa) Pada Siswa Kelas Iv Sd N Ngoto. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An.

Sugiyanto. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: FKIP UNS Press.

Wulandari, A. P. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 3928-3936.

Zulfa, T. T. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2098-2017.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Lathifa Izza Arifani, Veryliana Purnamasari, & Nur Riskiyati. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif IPAS melalui Model PBL Berbantuan Media Papan Make A Match Kelas IV SDN Karanganyar Gunung 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2287–2294. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5381

Issue

Section

Prosiding 2023