PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS XI 2 SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG

Authors

  • Fiki Nurazizah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Berpikir kritis, Hasil belajar, PBL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Guru dalam kurikulum merdeka harus mengembangkan keterampilan abad-21 peserta didik. Peserta didik diharapkan mempunyai keterampilan dalam berpikir kritis, berpikir kreatif, berkolaborasi dan berkomunikasi dengan baik. Kemampuan berpikir kritis sebagai salah satu keterampilan abad-21 harus ditanamkan dalam diri masing-masing individu. Kegiatan pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dapat dilakukan dengan berbagai metode salah satunya dengan menggunkan model  Problem Based Learning  karena peserta didik dapat menemukan solusi permasalahan yang didapat. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dengan teknik observasi, dan tes. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI 2 di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Data yang telah terkumpul kemudian di analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Problem Based Learning di kelas XI 2 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Dibuktikan dengan kemampuan berpikir kritis yang semula pada siklus I sebesar 62,50% menjadi 79,16% pada silkus II serta hasil belajar peserta didik yang memiliki ketuntasan naik dari siklus I  ketuntasan 75% dan siklus II ketuntasan 88,9%, dari hasil yang didapat maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning  dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik.

References

Antara, I. Pande Putu Alit. 2022. “Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Termokimia.” Journal of Education Action Research 6(1):15.

Azura, Riska Multi, Ganda Hijrah Selaras, and Universitas Negeri Padang. n.d. “Penerapan Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Cara Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Pelajaran Biologi.” 3:697–709.

Facione, Peter a. 2011. Critical Thinking : What It Is and Why It Counts.

Fakhrizal, Teuku, and Uswatun Hasanah. 2021. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas X Sma Negeri 1 Kluet Tengah.” BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan 8(2):200.

Kemendikbud, Litbang. 2013. “Laporan Akuntabilitas Kinerja.” Sekolah Menengah Kejuruan No.0490/U/1992.

Kristiyanto, Dedi. 2020. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Project Based Learning (PJBL) 1 Dedi Kristiyanto 1 Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP. Vol. 25.

Linda, Sumayani. 2018. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Melalui Metode Tanya Jawab Di RA Islamiyah Tanjung Morawa.”

Maghfiroh, Salsabilla Zahirotul, Ipah Budi Minarti, and Eko Retno Mulyaningrum. 2023. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Profile of Critical Thinking Skills of SMPN 37 Semarang Students in Learning Science Material on the Human Respiratory System. Vol. 13.

Mandagi, Fadli A. M., Marthen Palobaran, and Sudirman Sudirman. 2021. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Vol. 19.

Masdoeki, Masleha. 2022. “Metode Investigasi Pelajaran Biologi Meningkatkan Berfikir Kritis Siswa Kelas VIII-D Kota Sorong Tahun 2018.” Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah 2(8.5.2017):2003–5.

Muharni, A., and M. K. Mustami. 2019. Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA.

Prandifa, Riandho, Fitri Arsih, and Heffi Alberida. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Base Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Pelajaran Biologi SMA.” Yasin 3(4):800–806.

Rahayu, fuji, Maria Ulfah, Ferina Agustini, and Yustina Kusumawati. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Materi Sistem Ekskresi Dengan Metode Praktikum. Vol. 4.

Saregar, Antomi, Irwandani, Abdurrahman, Parmin, Shanti Septiana, Rahma Diani, and Rumadani Sagala. 2018. “Temperature and Heat Learning through SSCS Model with Scaffolding: Impact on Students’ Critical Thinking Ability.” Journal for the Education of Gifted Young Scientists 6(3):39–52.

Silaban, Bajongga, Eka D. Lumban Batu, Mariana Surbakti, Winda M. Silaban, and Ibram Pasaribu. 2022. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Problem-Based Learning Di SMP Negeri 1 Borbor.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(10):3956–62.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nurazizah, F. . (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS XI 2 SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3650–3658. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5694

Issue

Section

Prosiding 2023

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.