Penerapan Model Problem Bassed Learning Berbantuan Media Utami untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV di SD Negeri Gayamsari 02 Semarang
Keywords:
PPKN, Problem Based Learning, Ular Tangga, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A SD N Gayamsari 02 Semarang pada mata pelajaran PPKN dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbantuan media pembelajaran UTAMI (Ular Tangga Misteri). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes yang diberikan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa seiring dengan berjalannya siklus pembelajaran. Rata- rata nilai meningkat dari pra siklus sebesar 55 menjadi 82,5 pada Siklus II, menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan pemahaman dan pencapaian siswa dalam mata pelajaran PPKN. Persentase ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan yang cukup besar. Pada pra siklus, hanya 21% siswa yang tuntas KKM, tetapi pada Siklus II, persentase siswa yang tuntas KKM mencapai 83%. Hal ini mengindikasikan bahwa model PBL dengan media UTAMI dapat membantu siswa mencapai hasil belajar yang lebih baik. Model pembelajaran PBL berbantuan media UTAMI (Ular Tangga Misteri) efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA SD N Gayamsari 02 Semarang pada mata pelajaran PPKN. Pendekatan ini juga dapat meningkatkan minat belajar siswa dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis mereka, yang merupakan aspek penting dalam proses pendidikan.
References
Darlis, A. (2017). Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Terhadap Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal dan Formal. Jurnal Tarbiyah, 24(1).
Fahmidani, Y., Andayani, Y., Srikandijana, J., & Purwoko, A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Lembar Kerja Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Chemistry Education Practice, 2(1), 1-5.
Haryanto, A. (2015). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Negeri 03 Jambangan Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Semester I Tahun Ajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW).
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11.
Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Pemerintah Republik Indoensia.
Rekysika, N. S., & Haryanto, H. (2019). Media pembelajaran ular tangga bilangan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 56- 61.
Sasmi, N., & Rahman, H. K. (2022). Analisis Teori Kognitif Jean Piaget Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 4(1), 13-22.
Setyowati, D., Prayito, M., & Djama’i, N. (2023, July). 285. Penerapan Model PBL Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 2 Mijen. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (pp. 1975- 1985).
Widiana, I. W., Parera, N. P. G., &
Sukmana, A. I. W. I. Y. (2019).
Media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada kompetensi pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 3(4), 314-321.
Yuristia, A. (2018). Pendidikan sebagai transformasi kebudayaan. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1), 1-13.