215. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas Iv SDN Sitirejo
Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas1, Model Problem Based Learning 2, Hasil Belajar 3Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahi seberapa besar peningkatan hasil belajar matematika materi luas dan keliling persegi dan persegi panjang melalui model problem based learning pada peserta didik kelas IV semester II SDN Sitirejo Pati tahun pelajaran 2023. Pemilihan model PBL dikarenakan model ini dapat melatih peserta didik untuk berpikir kritis dan mengembangkan kemampuan peserta didik dalam menguasai konsep pemecahan masalah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik pada kelas IV yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes (evaluasi) dan teknik non tes (observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan). Teknik analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik pada sebelum tindakan kelas rata-rata menunjukkan 38,09% dari hasil belajar siswa yang sudah dilaksanakan. Sedangkan pada siklus I menunjukkan ratarata 57,14% , siklus II 76,19% dan siklus III 90,47%. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya semangat siswa terhadap materi yang disampaikan guru sehingga setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus III Peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal telah tercapai secara sempurna. Dengan demikian pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar sesuai dengan hipotesa penelitian yaitu Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.