Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Kelas IVa Muatan Pelajaran IPAS

Authors

  • Anis Fitria, Aryo Andri Nugroho, Estiyani Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Video Audio Visual, Hasil Belajar, IPAS

Abstract

Pembelajaran IPAS memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan keterampilan
berpikir kritis siswa, khususnya di abad 21. Namun akhir-akhir ini, pembelajaran IPAS sangat kurang
diminati oleh siswa yang berpengaruh pada rendahnya hasil belajar. Salah satu faktor permasalahan
tersebut disebabkan karena kurangnya penerapan model pembelajaran yang mampu menginspirasi
keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang
kreatif dan inovatif guna meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL). Pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS materi
pelestarian sumber daya alam melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
dengan berbantuan video audio visual pada siswa SD kelas IVA. Metode penelitian yang digunakan
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas
tahap perencanaan, pelaksanaan Tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian
adalah siswa kelas IVA SDN Pandeanlamper 03 yang berjumlah 28. Teknik pengumpulan data meliputi
teknik non tes (observasi, dokumen) dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis
deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPAS yang dibuktikan
dari nilai evaluasi 65,5 menjadi 70,00 pada siklus I dan meningkat menjadi 81,79 pada siklus II. Pada
tahap pra siklus, persentase ketuntasan adalah 21,42%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi
42,86%, dan pada siklus II meningkat menjadi 85,71%. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat
digunakan sebagai rekomendasi alternatif untuk pelaksanaan pembelajaran di kelas serta memberikan
kontribusi dan solusi dari permasalahan mengenai rendahnya hasil belajar IPAS materi pelestarian
sumber daya alam pada siswa sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

References

Handayani, N. S. (n.d.). Penerapan Model

Pembelajaran Problem Based

Learning Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Pada Subtema Manusia Dan

Lingkungan (Penelitian Tindakan

Kelas di kelas V SDN 184 Buah Batu

Kota Bandung). Doctoral

Dissertation, FKIP Unpas.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode

Pembelajaran Problem Based

Learning Dalam Meningkatkan

Kemampuan Bercerita Pada Siswa

Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3),

https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3

.21599

McNiff, J. (1992). Action Research:

Principles and Practice.

Routledge.Miles, B, M., & Huberman,

A. M. (1994). Qualitative data

analysis: An expanded sourcebook.

sage.

Primananda, R., & Hamid, A. (2021).

Penggunaan Media Pembelajaran

Berbasis Audio Visual Oleh Guru

Geografi Pada Masa Pandemi Covid-

Di SMA Negeri 5 Model Palu.

Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 18(1),

–44.

https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index

.php/jurpis/article/view/1085

Rahmawati, I. Y., & Yulianti, B. (2020).

Kreativitas guru dalam proses

pembelajaran ditinjau dari

penggunaan metode pembelajaran

jarak jauh di tengah wabah. AL-

ASASIYYA: Journal Basic of

Education, 5(1), 27–39.

http://journal.umpo.ac.id/index.php

/al-asasiyya/index

Sari, P. P., & Ardianti, D. (2021).

Implementation of Problem Based

Learning ( PBL ) on Interactive

Learning Media. Journal of

Technology and Humanities, 2(2),

–30. https://jthkkss.com/

Simanjuntak, M. D. R. (2019). Membangun

Ketrampilan 4 C Siswa Dalam

Menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Prosiding Seminar Nasional Fakultas

Ilmu Sosial Universitas Negeri

Medan, 3, 921–929.

Sumadji, S. (2015). Pengaruh Metode

Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar

Mahasiswa. In Jurnal Inspirasi

Pendidikan (Vol. 5, Issue 2).

https://doi.org/10.21067/jip.v5i2.79

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Alfabeta.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Fitria, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Kelas IVa Muatan Pelajaran IPAS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2187–2196. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5367

Issue

Section

Prosiding 2023