Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Kelas IVa Muatan Pelajaran IPAS
Keywords:
Problem Based Learning (PBL), Video Audio Visual, Hasil Belajar, IPASAbstract
Pembelajaran IPAS memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan keterampilan
berpikir kritis siswa, khususnya di abad 21. Namun akhir-akhir ini, pembelajaran IPAS sangat kurang
diminati oleh siswa yang berpengaruh pada rendahnya hasil belajar. Salah satu faktor permasalahan
tersebut disebabkan karena kurangnya penerapan model pembelajaran yang mampu menginspirasi
keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang
kreatif dan inovatif guna meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL). Pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS materi
pelestarian sumber daya alam melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
dengan berbantuan video audio visual pada siswa SD kelas IVA. Metode penelitian yang digunakan
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas
tahap perencanaan, pelaksanaan Tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian
adalah siswa kelas IVA SDN Pandeanlamper 03 yang berjumlah 28. Teknik pengumpulan data meliputi
teknik non tes (observasi, dokumen) dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis
deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPAS yang dibuktikan
dari nilai evaluasi 65,5 menjadi 70,00 pada siklus I dan meningkat menjadi 81,79 pada siklus II. Pada
tahap pra siklus, persentase ketuntasan adalah 21,42%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi
42,86%, dan pada siklus II meningkat menjadi 85,71%. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat
digunakan sebagai rekomendasi alternatif untuk pelaksanaan pembelajaran di kelas serta memberikan
kontribusi dan solusi dari permasalahan mengenai rendahnya hasil belajar IPAS materi pelestarian
sumber daya alam pada siswa sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan.
References
Handayani, N. S. (n.d.). Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based
Learning Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Pada Subtema Manusia Dan
Lingkungan (Penelitian Tindakan
Kelas di kelas V SDN 184 Buah Batu
Kota Bandung). Doctoral
Dissertation, FKIP Unpas.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode
Pembelajaran Problem Based
Learning Dalam Meningkatkan
Kemampuan Bercerita Pada Siswa
Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3),
https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3
.21599
McNiff, J. (1992). Action Research:
Principles and Practice.
Routledge.Miles, B, M., & Huberman,
A. M. (1994). Qualitative data
analysis: An expanded sourcebook.
sage.
Primananda, R., & Hamid, A. (2021).
Penggunaan Media Pembelajaran
Berbasis Audio Visual Oleh Guru
Geografi Pada Masa Pandemi Covid-
Di SMA Negeri 5 Model Palu.
Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 18(1),
–44.
https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index
.php/jurpis/article/view/1085
Rahmawati, I. Y., & Yulianti, B. (2020).
Kreativitas guru dalam proses
pembelajaran ditinjau dari
penggunaan metode pembelajaran
jarak jauh di tengah wabah. AL-
ASASIYYA: Journal Basic of
Education, 5(1), 27–39.
http://journal.umpo.ac.id/index.php
/al-asasiyya/index
Sari, P. P., & Ardianti, D. (2021).
Implementation of Problem Based
Learning ( PBL ) on Interactive
Learning Media. Journal of
Technology and Humanities, 2(2),
–30. https://jthkkss.com/
Simanjuntak, M. D. R. (2019). Membangun
Ketrampilan 4 C Siswa Dalam
Menghadapi Revolusi Industri 4.0.
Prosiding Seminar Nasional Fakultas
Ilmu Sosial Universitas Negeri
Medan, 3, 921–929.
Sumadji, S. (2015). Pengaruh Metode
Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar
Mahasiswa. In Jurnal Inspirasi
Pendidikan (Vol. 5, Issue 2).
https://doi.org/10.21067/jip.v5i2.79
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Alfabeta.