PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS X MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI VIRUS
Keywords:
Ketrampilan Kolaborasi, Kreativitas, Pembelajaran BerdiferensiasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan kolaborasi dan kreativitas peserta didik kelas X melalui pembelajaran berdiferensiasi pada materi virus. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah peserta didik 36 orang. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 langkah, yaitu : (1) perencanaan; (2) tindakan; (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi dan penilaian kreativitas produk siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketrampilan kolaborasi dan kreativitas peserta didik melalui pembelajaran diferensiasi. Ketrampilan kolaborasi meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 78,3% (kategori baik) ke 86,1 (kategori sangat baik). Kreativitas peserta didik juga meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 75,2% ke 85,2% yang termasuk dalam kategori baik. Data peningkatan keterampilan kolaborasi dan kreativitas peserta didik menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi memberikan dampak yang baik dalam proses pembelajaran karena guru berusaha untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik.
References
Devi, R. S., & Mulyasari, E. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 517-526. Retrived from http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/669
Handayani, R., Ulfah, M., & Huriastuti, L. (2023, July). 172. Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Dan Komunikasi Peserta Didik Kelas XI Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Pada Materi Sistem Imun. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (pp. 1556-1564).
Hasnawati, H., & Netti, N. (2022). Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran PAI di SMAN 4 Wajo. EDUCANDUM, 8(2), 229-241. Retrieved from https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/887
Kemendikbud (2017). Modul Penyusunan Karya Tulis Ilmiah (Penelitian Tindakan Kelas). Depok: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemendikbud.
Kemendikbud. (2020). Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Kemendikbud.
Lema, Y., Nurwahyunani, A., Hayat, M. S., & Rachmawati, F. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model PJBL Materi Bioteknologi Untuk Mengembangkan Ketrampilan Kreativitas Dan Inovasi Siswa SMP. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 7229-7243. Retrived from http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2798
Lestari, I., & Juanda, R. (2019). Komparasi model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi perangkat keras jaringan internet kelas IX SMP Negeri 5 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Efektor, 6(2), 127-135. Retrived from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/view/13159
Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Retrived from http://repository.unp.ac.id/23547/
Mu’arifah, H., Citraning, R., & Mukaromah, S. (2023, July). 211. Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa dengan Metode TTS (Tutor Teman Sebaya) pada Mata Pelajaran Biologi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (pp. 1615-1618).
Octaviana, F., Wahyuni, D., & Supeno, S. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa SMP pada pembelajaran IPA. Retrived from : https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/116253
Putri, R. A., Magdalena, I., Fauziah, A., & Azizah, F. N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 157-163. Retrived from http://cerdika.publikasiindonesia.id/index.php/cerdika/index
Pujiningtyas, M. R., Sumanrno, & Prasasti, D. (2023, July). 169. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa pada Pembelajaran Biologi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (pp. 1535-1540).
Romadhoni, M. A. S., Hayat, M. S., & Widayati, N. (2023, August). 152. Peer Learning berbasis Pameran Poster Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan 4C Peserta Didik Kelas XI MIPA 6. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (pp. 1394-1405).
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117. Retrived from https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alawlad/article/view/1597
Sulistyawati, W., Wahyudi, W., & Trinuryono, S. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning Saat Pandemi Covid-19 (Deskriptif Kuantitatif Di Sman 1 Babadan Ponorogo). KadikmA, 13(1), 68-73. Retrived from http://eprints.umpo.ac.id/11641/