PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR
Keywords:
Hasil Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perubahan kurikulum pada kelas V di SD Negeri Bendungan yang sebelumnya menggunakan kurikulum 13 dan saat ini menggunakan kurikulum merdeka yang menuntut untuk diterapkannya pembelajaran paradigma baru yaitu kegiatan pembelajaran yang memberikan keleluasaan bagi pendidik untuk merancang pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dilihat pada perbedaan gaya belajar yaitu melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia bagi peserta didik kelas VA SD Negeri Bendungan Kota Semarang melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi dilihat dari gaya belajar peserta didik. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan 3 jenis yaitu observasi (angket), tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas VA SD Negeri Bendungan. Pada awal prasiklus hasil persentase ketuntasan sebesar 31%, kemudian pada siklus I sebesar 81% dan pada siklus II sebesar 100%. Adapun peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik dari pra siklus ke siklus I sebesar 28,5 dan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 16,9. Dapat disimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menunjukkan bahwa analisis data hasil belajar peserta didik kelas VA SD Negeri Bendungan dengan diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia.
References
Amin, Y. F., Siswanto, J., Untari, M., & Kanitri, N. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Aspek Proses Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN Pedurungan Kidul 01. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 653- 664.
https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/7362
Arikunto, Suharsimi. 2014. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Astuti, R., Prayito, M., & Qibtiyah, Q. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD 2 Mijen Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 1(1), 73-83.
https://journal2.upgris.ac.id/index.php/jpgp/article/view/172
Gardner, H. (2011). Frames of mind: The theory of multiple intelligences. Basic Books.
Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123– 140.
https://jurnal.bimaberilmu.com/index.php/jppi/article/view/48
Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., & Hawanti, S. (2020). Problematika dan strategi dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 65-73.
https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/jrpd/article/view/7933
Latifah, A., & Saputra, S. Y. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5811-5818.
https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8585
Marlina (2019). Strategi pembelajaran berdiferensiasi di sekolah inklusif. Padang: Universitas Negeri Padang.
Nasution, S. (2013). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Puspita, R. D., Paksi, H. P., & Sutaji, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi (Gaya Belajar) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPAS Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Sukowati Kapas Bojonegoro. Journal on Education, 6(1), 871-885.
https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/3006
Putri, R. K., Kusuma, H., & Ayuningtias, N. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Pantun Kelas V SDN Oro-Oro Ombo. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5574-5583.
https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8728
Setyawati, R. (2023). Pembelajaran diferensiasi untuk meningkatkan pemahaman tentang panca indera manusia pada siswa kelas 4c sd negeri ngaglik 01 batu tahun ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(1), 232-259.
https://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/118
Tomlinson, C. A. (2000). Differentiation of Instruction in the Elementary Grades. ERIC Digests, 1–7.