Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Produk Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Kelas XI 3 SMAN 8 Semarang

Authors

  • Seviola Angely Arifia Putri Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Berdiferensiasi Produk, Kreativitas

Abstract

Di era globalisasi dan digitalisasi, kreativitas menjadi salah satu keterampilan utama yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk menghadapi tantangan kompleks abad-21. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik melalui strategi pembelajaran berdiferensiasi produk. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas XI 3 SMAN 8 Semarang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi produk dapat meningkatkan kreativitas peserta didik. Persentase kreativitas meningkat dari 56,61% pada pra siklus menjadi 71,07% pada siklus I, dan 82,5% pada siklus II. Peningkatan kreativitas tercermin pada setiap indikator yaitu kelancaran, keluwesan, kebaruan, dan berpikir merinci. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi produk efektif dalam meningkatkan kreativitas peserta didik kelas XI 3 SMAN 8 Semarang.

References

Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11177-11182.

Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswapada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif- Inovatif, 10(1), 68–77.

Firdausi, Y. N., Asikin, M., & Wuryanto, W. (2018, February). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA). In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 239-247).

Hasnawati, H., & Netti, N. (2022). Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran PAI di SMAN 4 Wajo. Educandum, 8(2), 229-241.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmu Pendidikan,35(2), 175-182. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10

Irawati D, Iqbal AM, Hasanah A, Arifin BS. Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. 2022 Mar 1;6(1):1224-38.

Jatmiko, H. T. P., & Putra, R. S. (2022). Refleksi Diri Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Penggerak. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 224–232.

Jumiarti, D. N., Fakhruddin, M., & Marta, N. A. (2024). Implementasi Pembelajaran Diferensiasi pada Mata Pelajaran Sejarah: Studi Kasus di SMAN 23 Kabupaten Tangerang. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan, 8(1), 64-77.

Kemmis, S., & Taggart, R. (2014). The Action Research Planner. Australia: Springer.

Oktavia, S & Harmanto (2023). Penguatan Karakter Kreatif Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Kewirausahaan Di Kelas Xi Sman 1 Krian. Civilia: Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(3), 273-283.

Pahleviannur, M. R et al., (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Sukoharjo: Pradina Pustaka.

Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Riyadi, A. S. (2019). Implementasi Model Project Based Learningdalam Pembelajaran Biologi terhadap Kemampuan Komunikatif, Kolaboratif, Berpikir Kritis, dan Kreatif Siswa SMA. (Published master’s thesis) Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia. https://lib.unnes.ac.id/35267/

Sa'adah, U. (2022). Pengembangan Students Worksheet Online Berbasis STREAM Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 11(1), 44-53.

Sari, I., Zuhri, M. S., & Rubowo, M. R. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi SPLTV Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(5), 391-400.

Susdamayanti, R. (2024). Penggunaan Media “Aprori” Berbasis Diferensiasi untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kebhinnekaan Global Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(1), 87-110.

Suwandi, F. P. E., Rahmaningrum, K. K., Mulyosari, E. T., Mulyantoro, P., Sari, Y. I., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Konten terhadap Minat Belajar Siswa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1, No. 1, pp. 57-66).

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26), 263-278.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26), 263-278.

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Seviola Angely Arifia Putri. (2024). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Produk Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Kelas XI 3 SMAN 8 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 84–89. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6222

Issue

Section

Pendidikan Kewarganegaraan