Peningkatan Kemampuan Numerasi Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Bilangan Cacah Kelas IV SD Negeri Bendungan

Authors

  • Riries Khairur Rohmah Universits PGRI Semarang
  • Fenny Roshayanti Universits PGRI Semarang
  • Lolok Eko Wati Universits PGRI Semarang

Keywords:

Kemampuan numerasi,, Pembelajaran berbasis masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik kelas IV di SD Negeri Bendungan pada materi bilangan cacah melalui model pembelajaran berbasis masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan kolaborasi antara peneliti dan guru sebagai mitra penelitian. Pada tahap perencanaan, peneliti merancang rencana pembelajaran yang mencakup tujuan pembelajaran, materi yang akan diajarkan, aktivitas yang akan dilakukan, dan evaluasi yang akan dilakukan. Model pembelajaran berbasis masalah digunakan sebagai pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik melalui pemberian masalah dari dunia nyata di awal pembelajaran. Penerapan Model pembelajaran berbasis masalah dilakukan dalam 3 pertemuan. Observasi dilakukan untuk mengamati interaksi peserta didik, keterlibatan mereka dalam pembelajaran, dan perubahan dalam pemahaman mereka tentang perbandingan. Kemampuan numerasi peserta didik dievaluasi melalui skor evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan numerasi setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Peserta didik menunjukkan keterlibatan yang lebih aktif dalam proyek dan ada ketertarikan. Mereka juga menunjukkan pemahaman yang lebih baik tentang konsep bilangan cacah, yang tercermin dalam peningkatan skor evaluasi. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar guru-guru dan sekolah-sekolah mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dalam mengajar materi pecahan kepada peserta didik kelas IV. Kolaborasi antara peneliti dan guru juga penting dalam mengembangkan metode pembelajaran yang efektif. Penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk melibatkan lebih banyak sekolah dan kelas dalam rangka memperluas cakupan penelitian ini.

References

Andikayana, N. Dantes, & I.W. Kertih. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Literasi Membaca Level 2 Untuk Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 81–92. https://doi.org/10.23887/jpepi.v11i2.622

Andriani, S., Purnamasari, I., & Wahyuni, D. S. (2023, July). 50. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN Ngempon 02 Materi Perbandingan Melalui Model PBL Berbantu Media Konkrit. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (pp. 11-11).

Anggrella, D. P., Rahmasiwi, A., & Purbowati, D. (2021). Eksplorasi Kegiatan Praktikum Ipa Pgmi Selama Pandemi Covid-19. Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1). Https://Doi.Org/10.30998/Sap.V6i1.9612

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi Di Sd Muhammadiyah. Else (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. Https://Doi.Org/10.30651/Else.V3i1.2541

Hadi, M., N., Syaifullah, Yusuf, W., F. (2022). “Inovasi Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Mu’allim. 4(1): 53-66.

Harefa, N., & Silalahi, N. F. D. (2020). Improvement of student’s learning outcomes and motivation with chemical practicum e-module. Jurnal Pendidikan Kimia, 12(1), 10-19

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khasanah, D. U., Reffiane, F., & Karmila, M. (2021). “Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis Etnosains Tema Lingkungan Sahabat Kita Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 03 Lebak Jepara Jawa Tengah”. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(1), 50-56.http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/dwijaloka/article/view/932

Lawe, Y.U. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek berbantuan lembar lembar kerja siswa terhadap hasil belajar IPA siswa SD. Journal of Educational Technology,. 2 (1), 26-34.

Maulida, A. (2023). “Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika”. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 2(2): 128-141.

Rosidah, C. T. (2018). Penerapan model problem based learning untuk menumbuhkembangkan higher order thinking skill siswa sekolah dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 62-71.

Widahyu, C. (2021). the Effectiveness of Using Video As a Learning Media Online Learning To Improve Students’ Learning Motivation and Creative Thinking At Home During the Covid-19 Pandemic the Effectiveness of Using Video As a Learning’Learning Motivation and Creative Thi. Journal.

Widiastuti, Erni (2018). Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa dalam Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan sampai Angka 20 dengan Menggunakan Permainan Bola Keranjang Siswa Kelas 1 SD Negeri Kaliangkrik 1. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP). Vol 2 No 11. http://E-jurnalmitrapendidikan.com

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Riries Khairur Rohmah, Fenny Roshayanti, & Lolok Eko Wati. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Bilangan Cacah Kelas IV SD Negeri Bendungan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2107–2117. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5357

Issue

Section

Prosiding 2023