Penerapan Problem Based Learning Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Kemampuan Kolaborasi Siswa SMA

Authors

  • Safa Amal Hayati

Keywords:

Diferensiasi, Problem Based Learning, PTK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar kognitif dan kolaborasi siswa SMA dalam model Problem Based Learning menggunakan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini berupa penelitian tndakan kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas XII MIPA 6  dalam pembelajaran biologi yakni pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Hasil analisis, model Problem Based Learning menggunakan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi mendukung hasil belajar kognitif dan kemampuan kolaborasi  siswa SMA. didukung dengan data yang diperoleh yakni berupa hasil belajar kognitif setelah dilaksanakannya problem based learning berdiferensiasi selama siklus 1 mengalami peningkatan 70% peserta didik yang tuntas dan ke-2 ketuntasan peserta didik adalah 86% dan peserta didik yang tidak tuntas adalah 14%. Sedangkan untuk capaian kolaborasi yang terdiri dari dari enam aspek. Aspek tersebut adalah kontribusi, menejemen waktu, pemecahan masalah, bekerja dengan orang lain, teknik penyelidikan, dan presentasi kelompok. Penelitian berhasil diterapkan pada kemampuan kolaborasi dibuktikan dengan nilai kolaborasi peserta didik dalam setiap aspek memenuhi kriteria indikator di atas 70% atau dalam kategori tinggi.

References

Arikunto, 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cetakan 13 Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta

Ayuningrum & S.M.E. Susilowati. 2015. Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Protista. Unnes Journal of Biology Education, 4(2):124-133.

Buulolo, S. (2022). PENGARUH METODE GALLERY WALK TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/222. Jurnal Ilmiah Mahapeserta didik Keguruan, 1(2), 216–224

Djamarah, S.B & A.Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Greensteen, L. 2012. Assessing 21 Century Skill: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. USA: Corwin A Sage Company.

Hakkinen, P., S. Jarvels., K. Ahoen., & Vltonen. 2016. Preparing Teacher Students for Twenty-Fistcentury: A Farmwork For Enhancing Collaborative Problem-Solving Ang Strategic Learning Skill. Journal of Teacher and Teaching Theory and Practice, 1(1):1-17.

Halim, Alim & Mursal. 2017. Dampak LKS berbasis masalah terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa pada Materi Fisika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1): 1- 10.

Hanim, F., R. Suyanti & F. Harahap. 2017. The Effect of Student’s Worksheet Basd on Skill of Science and Motivation Process toward Learning Outcomes at Grade 4 SD Negeri 164330 Tebingtinggi. Journal of Research and Method I Education, 7(5):57-61.

Hasanah, Evi. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Articulate dalam Metode Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Peserta Didik. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1):826-838.

Hermawan & S. Parsaoran. 2017. Desain Rubrik Kemampuan Berkolaborasi Siswa SMP Dalam Materi Pemantulan Cahaya. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2):167-174

Hatimakausarina, N., Jayanti, M. I., & ... (2022). Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas VIII SMP Islam Al-Faat Bara Tahun Pelajaran 2022/2023. JUPENJI: Jurnal …, 1(3), 18–24. https://jurnal.jomparnd.com/index.php/jupenji/article/view/247%0Ahttps://jurnal.jomparnd.com/index.php/jupenji/article/download/247/34

Maryam,Atik Siti. (2021). Stategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.

Saenab, S., S.R.Yunus, & A.N. Virninda. 2015. Pembelajaran Berbasis Kasus untuk Pengembangan Keterampilan Mahasiswa: Sebuah Kajian tentang Peran PBL dalam Melejitkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi. Jurnal Pendidikan, 2(5):45-50

Utomo, T., D.Wahyuni, & S.Haryadi. 2014. Penengaruh Model PBL terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMPN Sumbermalang Situbondo. Jurnal Edukasi UNEJ, 1(1): 5-9.

Warsono. 2017. Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wulandari, N.I., A. Wijayanti, & W. Budhi. 2018. Efektifitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau Dari Kemampuan Berkomunikasi Siswa. Jurnal Pijar MIPA, 13 (1): 192-199.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Hayati, S. A. (2023). Penerapan Problem Based Learning Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Kemampuan Kolaborasi Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3961–3967. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5732

Issue

Section

Prosiding 2023