Implementasi Model Problem Based Learning Terintegrasi KSE untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA

Authors

  • Ellysa Yuliani Ruhmana Universits PGRI Semarang

Keywords:

KSE, kemampuan berpikir kritis, problem based learning

Abstract

Berpikir kritis merupakan kemampuan dasar yang penting dalam pembelajaran matematika. Hal ini membuat guru perlu menerapkan model pembelajaran yang tepat yaitu dengan menerapkan model problem based learning terintegrasi KSE. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA melalui implementasi model problem based learning terintegrasi KSE. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian terdiri dari 35 siswa kelas XI 3 SMA N 14 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dengan observasi dan tes. Teknik analisis data dengan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model problem based learning terintegrasi KSE mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA. Kemampuan berpikir kritis pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 70,48 dalam kriteria cukup kritis meningkat menjadi 91,43 dalam kriteria sangat kritis pada siklus II. Peningkatan terjadi pada setiap indikator. Peningkatan pada nilai rata-rata yaitu siklus I sebesar 61,37 menjadi 87,31 pada siklus II. Pada siklus I menunjukkan bahwa persentase jumlah siswa yang tuntas yaitu 65,71% dimana siswa belum mencapai kriteria keberhasilan tindakan yaitu ≥75%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 82,86% yang menyatakan bahwa indikator keberhasilan telah tercapai.

References

Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 68–76. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081

Al-Fikry, I., Yusrizal, Y., & Syukri, M. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 6(1), 17–23. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10776

Ami̇n, S., Utaya, S., Bachri, S., & Sumarmi, S. (2020). Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking Skill and Enviromental Attitude. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 743–755. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17478/jegys.650344

Ardyanto, Y., Dewi Koeswati, H., & Giarti, S. (2018). Model Problem Based Learning (Pbl) Berbasis Media Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Pada Sub Tema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas 4 Sd. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 189–196. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.358

Ariawan, R., & Zetriuslita. (2021). Kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa ditinjau dari gaya kognitif (studi kasus pada mata kuliah persamaan differensial). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1410–1426. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.652

Ayuningsih, D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 94–99. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1351

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya ACCARYA: Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2385

Dewi, I. L., Utami, R. E., Prasetyowati, D., & Nuriafuri, R. (2023). Penggunaan model problem based learning dengan berbantuan media “mihak sersan” untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran pkn. Jurnal Sekolah, 7(2), 305–317. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906

Fitratullah. (2023). Penerapan Kompetensi Sosial Emosional Dalam Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS), 4(1), 67–77.

Humairoh, F. (2022). METODE PEMBELAJARAN : Mengoptimalkan Pembelajaran Melalui Diskusi Kelompok : Strategi dan Manfaatnya.

Kharisma, E. N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK Pada Materi Barisan dan Deret. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 3(1), 62–75. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.62-75

Masrifah, I., Sayekti, S. P., Andryannisa, M. A., & Mufida, H. (2023). Strategi Guru Mengatasi Ketidakmampuan Siswa Pada Pelajaran Ski Menggunakan Pendekatan Sosial-Emosional Di Mts Al-Hidayah Depok. Pendiaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(1), 216–223. https://doi.org/10.47323/ujss.v4i1.271

Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279

Muyassaroh, I., & Nurpadilah, D. (2021). Implementasi Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik Dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD. Dikoda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 23–31. https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPGSD/article/view/994

Muyassaroh, I., & Sunaryati, T. (2021). Etnomatematika: Strategi Melahirkan Generasi Literat Matematika Melalui Budaya Lokal Yogyakarta. Dikoda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 1–12. https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JPGSD/article/view/810

Natassya, H. D., Utami, R. E., & Kusumaningsih, W. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe Open Ended Ditinjau dari Motivasi Belajar pada Materi SPLTV. Jurnal Kualita Pendidikan, 4(1), 47–53.

Oktaviani, I. A., Ariyanto, L., & Utami, R. E. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 1–6. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6753

Prajono, R., Gunarti, D. Y., & Anggo, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Ditinjau dari Self Efficacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 143–154. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1072

Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 439–443. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Rasyimah, & Sari, D. K. (2022). Peningkatan Membaca Pemahaman Siswa pada Teks Deskripsi melalui Problem Based Learning : Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif pada Siswa SMP Negeri 3 Lhokseumawe. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.57251/sin.v2i1

Ritonga, R., Hamid, A., Harahap, A. M., & Harahap, R. (2022). Penguatan kompetensi sosial-emosional bagi kepala sekolah penggerak melalui kegiatan lokakarya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 309–315.

Ruhmana, E. Y., Zuhri, M. S., Utami, R. E., & Susilowati, P. (2023). Implementasi model problem based learning berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sma. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(2), 159–168. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2295

Sitompul, N. N. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas IX. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45–54. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i1.3129

Suharna, H., & Hi Abdullah, N. (2020). Kemampuan Berpikir 4C Matematika dalam Pembelajaran di Masa Covid-19 Terutama Di Era New Normal. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 178–185. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2295

Suputra, I. K. A. Y., Sujana, I. W., & Darmawati, I. G. A. P. S. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan GeoGebra Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(3), 423–431. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14262

Syafruddin, I. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis: Studi Kasus pada Siswa MTs Negeri 4 Tangerang. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 89–100.

Umuroh, K., & Agoestanto, A. (2017). Implementation of the PBL learning model on students’ critical thinking skills and discipline. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 532–538.

Wong, T. K. Y., Konishi, C., & Tao, L. (2019). A social-emotional pathway to promoting math self-concept: the moderating role of sex. Educational Psychology, 39(9), 1119–1135. https://psycnet.apa.org/doi/10.1080/01443410.2019.162199

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ruhmana, E. Y. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Terintegrasi KSE untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1486–1495. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5285

Issue

Section

Prosiding 2023